Rasakan Pengalaman Seru Jadi Penjelajah Waktu Keliling Nusantara di Museum Nasional Indonesia

- Jumat, 19 Mei 2023 | 18:36 WIB
Nikmati pengalaman seru menjadi pelaku sejarah di ruang ImersifA, Museum Nasional Indonesia. (Dok Foto: IG @haikalmubarok)
Nikmati pengalaman seru menjadi pelaku sejarah di ruang ImersifA, Museum Nasional Indonesia. (Dok Foto: IG @haikalmubarok)

Sugawa.id - Museum Nasional Indonesia terus berinovasi demi memperluas peranannya mengenalkan budaya Nusantara dengan mengikuti perkembangan sesuai kebutuhan zaman.

Kini di Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 itu, tidak hanya memanjakan mata pengunjung dengan memajang koleksi peninggalan bersejarah dan harta karun bangsa saja.

Akan tetapi kali ini Museum Nasional memiliki teknologi super canggih yang bikin para pengunjung semakin betah berlama-lama menghabiskan waktu di Museum.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, Pelita Air Adopsi Teknologi Aviasi Terintegrasi

Museum Nasional telah mengembangkan Ruang ImersifA yang memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung. Yang merupakan mahakarya dari anak bangsa Indonesia.

Ruang ImersifA merupakan instalasi video mapping yang berada di Gedung A Museum Nasional. Dengan menggunakan ruangan seluas 12 x 21 meter, dengan sumber visual dari 20 proyektor yang saling terhubung, instalasi ini menampilkan sajian video mapping yang diproyeksi dengan sudut 360 derajat.

Saat pertunjukkan diputar, seluruh layar di dalam ruangan nantinya akan mengelilingi dinding dan lantai tempat para pengunjung berpijak. Karena konten audio visual di ruang ImersifA mengangkat kisah tentang nusantara, dari era prasejarah hingga era modern saat ini. Sehingga memasuki ruang ini, pengunjung akan berpetualang sebagai pelaku sejarah menjelajahi ruang dan waktu merasakan sensasi seolah-olah berada di dalam video.

Baca Juga: TNI Tegaskan Video Viral Deklarasi Bacapres Anies Baswedan Adalah Hoax

Di sini, pengunjung akan merasakan menjelajah pada era pra sejarah, berdiri di atas tanah basah hutan yang berada diantara gajah, ular, burung-burung hingga sungai yang mengalir jernih. Lalu pengunjung diajak berpindah ke era lainnya, saat video sampai pada sesi sejarah mengenal empat suku pelaut ulung di Indonesia. Maka pengunjung akan merasakan debur ombak pantai dengan latar kapal-kapal tradisional.

Selanjutnya, pengunjung diajak bertamasya di kawasan tua Batavia, Jakarta tempo dulu dan berkenalan dengan beragam musik serta ornamen tradisional, hingga melihat Jakarta masa kini yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi, kereta, pesawat terbang hingga robot-robot. Hingga pengunjung juga dibawa ke ruang angkasa yang dipenuhi bintang-bintang

Konten ImersifA juga menyajikan cerita-cerita sejarah yang menarik seperti latar belakang sejarah Museum Nasional, kisah pertempuran antara Ganesha dan Nila Rudraka dengan latar candi Prambanan dan Borobudur, hingga sejarah perkembangan transportasi pada masa lampau hingga sekarang.

Baca Juga: Benarkah Pajak Mobil Listrik Lebih Murah? Yuk Simak Info Lengkapnya!

Lalu rangkaian video berdurasi 30 menit tersebut ditutup dengan sebuah lagu yang membawa pesan mengenai harmoni kehidupan dalam keberagaman.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke ruang ImersifA, perlu kamu ketahui jika tiket hanya dapat dibeli dengan cara online berdasarkan situs resmi Museum Nasional dengan cara sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Sihar Ramses Simatupang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kolam Renang Terbesar di Kota Tangerang!

Rabu, 17 Mei 2023 | 01:08 WIB
X