FOKUS :

Darurat Stok Darah, PMI Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Banten memasuki...

BACK_BANNER_DOG

Waspada! KDRT Muncul dari Keluarga yang Tidak Terbina

KDRT

Acara daring peran agama dalam ketahanan keluarga di tengah pandemi. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Membangun sebuah peradaban dimulai dari keluarga. Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso mengatakan, pembangunan SDM berasal dari elemen paling kecil yaitu lingkup keluarga. Termasuk mempersiapkan karakter unggul, pada saat Indonesia menikmati bonus demografi.

“Pandemi Covid-19 telah menimbulkan banyak kasus sosial yang muncul misalnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” ujar Chriswanto Santoso dalam acara daring, Senin (1/3/2021).

Terjadinya tindak kriminal, menurutnya, bermula dari rumah tangga yang kurang terbina dan tidak memiliki ketahanan yang bagus. Selain itu, kasus-kasus pelemahan ekonomi, kesehatan dan sosial dapat menjadi salah satu pemicu.
“Keluarga yang harmonis akan menciptakan ketahanan bangsa yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Maya Septiana mengatakan, bonus demografi yang dimiliki harus didukung dengan penyiapan SDM cerdas, produktif, dan berkarakter,

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat kualitasnya harus ditingkatkan dengan mengembangkan berbagai strategi pengembangan SDM,” ujarnya.

“Peran Kementerian PPPA meningkatkan peran perempuan terutama ibu dan keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak,” imbuhnya. (nas)

Share :