FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Terobosan, Kapolres Jakut Tunjuk Polwan Jadi Bhabinkamtibmas

JAKARTA – Selama bertahun-tahun, jabatan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah Jakarta Utara selalu dipercayakan kepada polisi laki-laki. Saat polisi wanita (polwan) telah menduduki beberapa jabatan di polres maupun polsek, tak satu pun dari mereka ditunjuk menjadi Bhabinkamtibmas.

Kondisi ini mengusik Kombes Budhi Herdi Susianto yang menjabat Kapolres Metro Jakarta Utara sejak 1 Februari 2019. Budhi melihat sejumlah kelurahan di Jakarta Utara dipimpin oleh perempuan dan mereka pun mampu melaksanakan tanggung jawabnya sebagai lurah.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 ini kemudian mendapat ide untuk menunjuk polwan sebagai Bhabinkamtibmas. “Saya berpikir untuk memunculkan tandem lurah perempuan dan polwan Bhabinkamtibmas,” kata Budhi kepada Sugawa.id, Kamis (28/11).

Hal ini sejalan dengan tekad Polri yang memberi kesempatan yang sama kepada laki-laki maupun perempuan. “Polri dan pimpinan Polri telah lama mencanangkan kesetaraan gender, salah satu buktinya Akpol menerima laki-laki dan perempuan untuk dididik menjadi taruna dan taruni,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Akpol hanya menerima laki-laki sebagai calon taruna (catar). Kesetaraan gender di Polri juga tercermin dari pengangkatan polwan sebagai kepala satuan teknis dan kepala satuan wilayah seperti kapolsek, kapolres, hingga kapolda.

Dalam organisasi Polri, Bhabinkamtibmas adalah anggota Polri yang ditempatkan di tingkat kelurahan atau desa. Tugas utamanya adalah membina keamanan dan ketertiban masyarakat. Mitra kerjanya antara lain adalah lurah atau kepala desa dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI. Kemitraan dengan masyarakat pun jadi senjata utama para Bhabinkamtibmas.

Kombes Budhi memiliki pengalaman mengangkat polwan sebagai Bhabinkamtibmas saat menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota dan Kapolres Mojokerto, Jawa Timur. Hasilnya, para polwan tersebut dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara baik dan masyarakat pun memberikan respons positif.  “Warga masyarakat mengucapkan terima kasih atas penunjukan polwan sebagai Bhabinkamtibmas,” kata pria kelahiran di Pemalang, Jateng, ini.

Atas kondisi-kondisi itu, Budhi bertekad untuk mengangkat polwan sebagai Bhabinkamtibmas di Jakarta Utara. Selama ini, belum ada polwan yang diangkat sebagai Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut. “Bagi saya, bukan kali pertama saya menunjuk polwan menjadi Bhabinkamtibmas. Kalau di Jakarta Utara, baru kali ini ada polwan jadi Bhabinkamtibmas,” kata perwira menengah Polri yang pernah bertugas sebagai penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini.

Namun upaya mendobrak tradisi ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Saat ide out of the box tersebut dilontarkan dalam rapat dengan para kepala satuan di Polrestro Jakarta Utara, muncul penolakan-penolakan dengan berbagai alasan. Karena itu Budhi memahami penolakan itu dan tak mau langsung mengeksekusi idenya.  “Saya tidak ingin kebijakan ini bersifat top down, saya ingin bottom up,” kata pria yang tak ragu-ragu menyamar jadi pengendara motor untuk mengungkap aksi pemalakan di jalan rusak saat menjabat sebagai Kapolsek Tanjung Priok ini.

Budhi berusaha meyakinkan jajarannya. Dia pun minta sejumlah nama polwan guna dipertimbangkan untuk diangkat sebagai Bhabinkamtibmas. “Saya minta yang tidak terlalu senior, tapi juga bukan yang yunior,” katanya.

Akhirnya Budhi menunjuk Bripka Maryati Jonggi sebagai Bhabinkamtibmas Kelapa Gading Barat. Budhi pun melapor ke atasannya tentang pengangkatan polwan sebagai Bhabinkamtibmas. “Jajaran pimpinan mengapresiasi dan mendukung, bahkan ingin bertemu yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu, Bripka Maryati Jonggi berterima kasih kepada Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto yang telah memberi kepercayaan kepada dirinya. “Saya berterima kasih atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan Bapak Kapolres kepada saya yang jadi  polwan pertama yang menjadi Bhabinkamtibmas,” kata Maryati. (sys)

 

Share :