FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Putera Bungsu Bupati Serang Raih Emas di Kompetisi Sains India

Adam Sulaiman Al-Hasani, putera bungsu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ketika meraih mendali emas di kompetisi Sains bertajuk “Youth Activities for Superior Humanity (YASH)”. Foto Dok : Humas Pemkab Serang untuk Sugawa.id.

 

Sugawa.id– Adam Sulaiman Al-Hasani, putera bungsu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meraih mendali emas di kompetisi Sains bertajuk “Youth Activities for Superior Humanity (YASH)” yang digelar di Manav Rachna University, New Delhi, India, (16-18/1/2020) lalu.

Kegiatan International Science Exhibition ini diikuti oleh sedikitnya 80 peserta dari empat negara yakni India, Indonesia, Rusia, dan Nepal. “Negara yang ikut sedikit soalnya banyak peserta yang kesulitan atau terhambat dalam membuat visa,” ujar Adam, Senin (20/1/2020).

Medali emas yang diraih Adam didapat setelah melalui penelitian berjudul Modification of Gasoline Fuel Generator Into Biogas Fuel. Intinya Adam mengubah genset listrik yang tadinya butuh bensin untuk menyala, diganti bahan bakarnya dari biogas yang berasal dari kotoran sapi.

Adam mengungkapkan, penelitiannya dibuat setelah melihat kondisi Pulau Tunda di Kabupaten Serang yang belum maksimal mendapatkan aliran listrik. “Soalnya di Pulau Tunda sudah dikasih genset, hanya karena beli bensin atau bahan bakarnya mahal ada kendala,” ujarnya.

Bukan hanya Pulau Tunda, Adam berharap, hasil penelitiannya bisa digunakan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. “Saya melakukan research ini, soalnya masih banyak kampung di Indonesia yang belum terjangkau listrik,” ujar Adam.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku bangga atas prestasi putra bungsunya tersebut, sebab meski baru duduk di bangku kelas 11 SMAN 3 Bandung, hasil penelitian Adam dapat dimanfaatkan untuk masyarakat Kabupaten Serang.
“Saya sempat menyampaikan kepada Adam, apa yang dibuatnya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat Kabupaten Serang. Saya juga sudah berdiskusi dengan guru pembimbingnya, agar bisa diterapkan untuk daerah-daerah terpencil yang belum terakses listrik. Agar masyarakat bisa memperoleh listrik dengan cara yang mudah dan murah,” ujarnya. (wib)

Share :