FOKUS :

Pencatatan Pajak Restoran Kota Tangerang Lebih Mudah Lewat Aplikasi Cashere 

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah pada peresmian Aplikasi Cashere. (foto: ist)   Sugawa.id – Untuk memberi kemudahan pelaku...

BACK_BANNER_DOG

Pohon di Kota Depok Bakal Dipasang Barcode

juanda

Jalan Juanda Depok (foto: depok netizen)

 

Sugawa.id – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) berencana memasang barcode pada ribuan pohon di jalan-jalan protokol Kota Depok, Jawa Barat. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan petugas saat mengidentifikasi pohon.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Indra Kusuma mengutarakan, bahwa fungsi barcode untuk memberi informasi perihal pohon secara cepat dan mudah.

“Jadi cepat tahu informasi soal pohon. Bentuk edukasi juga kepada masyarakat. Dengan begitu, informasi yang dibutuhkan jadi lebih cepat diketahui,” ujar Indra, Jumat (21/1/2022).

Scan barcode, kata Indra, dapat dilakukan melalui Android akan terkoneksi ke link web DLHK Kota Depok. Selanjutnya, akan muncul deskripsi jenis pohon dan usia pohon tersebut.

” Apakah jenis pohonnya beringin dan lain lain. Apakah usia pohonnya 30-50 tahun atau apakah pohon tersebut mengalami kekroposan akan terbaca dengan sendirinya disitu, ” imbuhnya.

Ia menuturkan tingkat atau status sebuah pohon, dimana resiko paling parah atau ekstrim ditandai dengan warna merah.

” Terus ada warna orange berarti risiko tinggi, sedangkan warna kuning memiliki risiko sedang dan warna hijau memiliki risiko rendah. Atau bisa dikatakan pohon tersebut dalam kondisi sehat atau aman, ” tuturnya.

Masih kata dia, program ini baru bergulir tahun ini. Pemasangan barcode pada pohon merupakan terobosan pertama yang dilakukan di Kota Depok. “Nanti, masyarakat bisa scan barcode pakai aplikasi. Tinggi pohon, status pohon kelihatan disitu,” katanya.

Untuk diketahui, di Kota Depok terdapat ratusan pohon yang keropos dan rawan tumbang atau berstatus merah. Diantaranya, di sepanjang Jalan Raya Bogor, di wilayah Kecamatan Beji, Sukmajaya, Cilodong, Bojongsari. (ter)

Share :