FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kala Sekda Banten “Menikmati” Makan Siang ala Kaki Lima

SERANG – Seperti biasa warung pecak bandeng kaki lima milik Teteh Heni diserbu puluhan aparatur sipil negara (ASN). Para pegawai tersebut biasa menikmati istirahat mereka dengan makan siang di jajanan kaki lima depan kantor PUPR Kawasan Pusat Pemerintahan Provisi Banten ini.

Namun berbeda dengan hari-hari biasa, kali ini para ASN dikejutkan dengan kedatangan Sekretaris daerah (Sekda) Banten Al Muktabar yang ikut berbaur memesan makanan di warung Pecak Bandeng itu, Kamis (5/12).

Karuan saja, kedatangan orang nomor tiga di lingkungan Pemprov Banten ini membuat sejumlah ASN yang tengah menikmati makan siang jadi salah tingkah. Namun,sang sekda yang akrab disapa Al segera mencairkan suasana dengan menyapa hangat para ASN dan mengajak bersalaman.

“Ini cara saya mengetahui apa yang dirasakan oleh ASN dan berusaha untuk tidak menjaga jarak dengan bawahan,” ujar Al sambil mengajak untuk duduk satu meja dengan dirinya.

Kala itu, Al juga mengajak ajudan dan sopirnya untuk ikut makan bersama dengan dirinya, sehingga terlihat keakraban antara staf dan pimpinan. ”D i tempat seperti  inilah kita bisa mendapatkan informasi dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat tentang pelayanan dari pemerintah. Selain itu, makan di tempat beginian sensasinya lebih dapat, jika dibandingkan makan di kantor atau restoran,” tuturnya sambil memilih menu Pecak Bandeng dan teh tawar dengan “ditemani” emping yang dibawa sendiri.   

Sambil menunggu pesanan makanan datang, Al pun bercerita banyak tentang reformasi birokrasi di Banten, termasuk upayanya dalam membantu gubernur dan wakil gubernur meningkatkan pelayanan aparatur sipil negara kepada masyarakat.

Al pun tampak terkejut ketika mendapatkan informasi jika ratusan siswa SMKN 6 Kota Tangsel yang sejak sekolah mereka berdiri tiga tahun lalu masih menumpang belajar di gedung SD Jalupang 2 dan ekstra kurikuler di masjid yang ada di komplek Griya Asri Jalupang, Serpong Utara. ”Saya akan sidak dan memastikan tahun ini dapat dilakukan pengadaan lahan untuk sekolah tersebut,” kata Al sambil mencatat nama sekolah tersebut.

Usai menikmati santap siang dengan menu seadanya, sang ajudan lalu berbisik kepada Sekda jika dirinya sudah ditunggu di DPRD untuk mengikuti rapat kerja dengan anggota Komisi V. Sambil membuka dompet dan membayar makanan, Al pun pamit sambil bergegas menuju gedung DPRD Banten. ”Maaf ya, saya harus buru-buru nih karena sudah ditunggu oleh dewan,” kata Al sambil bersalaman dengan para ASN yang tengah menikmati makan siang di jajanan kaki lima tersebut.   

Heni, sang pemilik warung mengaku tidak mengetahui jika yang datang makan di warung miliknya adalah Sekda Banten.”Kalau tahu itu tadi Pak Sekda, saya mungkin minta foto untuk kenang-kenangan,” tutur Heni.(Gun)

Share :