FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Gubernur Apresiasi Budidaya Durian Kebun Sahara

Gubernur Banten Wahidin Halim beserta jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Banten menikmati durian Malaysia yang dibudidaya di Banten. Dok Foto Humas Pemprov Banten untuk Sugawa.id.

 

Sugawa.id – Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi budidaya durian di kebun durian Sahara milik asli orang Banten dan gubernur berjanji akan menjadikan durian-durian hasil budidaya kebun durian Sahara sebagai peserta di festival makanan yang digelar di Living World, Alam Sutera.

“Harus disyukuri tanah Banten ini sangat cocok dan potensial untuk budidaya durian, rasa dan kualitasnya bahkan lebih enak dari durian-durian impor,”ujar Wahidin Halim kala mengunjungi dan mengeliling kebun durian Sahara di Serang, Selasa (21/1/2020).

Gubernur mencontohkan, terdapat salah satu varian durian asal Malaysia yang ditanam kembali di Banten dengan ciri warna duri hitam dengan rasa yang lebih enak dibandingkan dari tempat asalnya. Setelah dikultur di Banten, durian tersebut diberi nama Durian WH.

“Durian jenis duri hitam yang berasal dari Malaysia ini memiliki rasa lebih enak ketika ditanam di tanah Banten. Selain kualitasnya bagus, harganya cukup tinggi. Menurut penelitian, di Banten ini terdapat daerah-daerah yang memang kondisi tanahnya sangat cocok untuk budidaya durian, di antaranya Kecamatan Gunungsari, Kecamatan Ciomas, Kecamatan Mancak, dan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang,” ujar mantan Wali Kota Tangerang ini.

Andri, pemilik kebun Durian Sahara menyatakan kondisi dan kualitas tanah di Banten sangat bagus dan sangat direkomendasikan untuk menanam berbagai jenis buah durian dari negara lain, bahkan kualitasnya bisa menjadi lebih bagus. Ia juga memaparkan bahwa kebun durian Sahara yang memiliki luas sekitar 20 hektare ini ditanam berbagai jenis durian baik lokal maupun dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.(wib)

Share :