FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Dedi Prasetyo Luncurkan 3 Buku tentang Pengembangan SDM Polri

 

 

Sugawa.id – Kepala Biro Pembinaan Karier Staf Sumber Daya Manusia (Karo Binkar SSDM) Polri Brigjen Dedi Prasetyo meluncurkan tiga buku karyanya, Kamis (12/3/2020). Ketiga buku tersebut yakni ”Assessment Center Polri”, “e-Candidate” dan “Meritokrasi Jabatan Fungsional pada SDM Polri”.

Dalam sambutannya Dedi menyatakan, perkembangan zaman dan teknologi mendorong keterbukaan dalam pengelolaan di bidang SDM, siapa yang punya kompetensi dialah yang layak menduduki suatu jabatan pada suatu organisasi.

“Pengukuran kompetensi merupakan hal yang penting. Polri merupakan salah satu organisasi terbesar pemerintah yang mengelola SDM di Indonesia dan membutuhkan pengukuran yang tepat untuk menilai kompetensi setiap personelnya,” tutur Dedi.

Dedi menyatakan di tengah perubahan global dan tuntutan masyarakat yang tinggi, Polri membutuhkan kualitas, kompetensi dan totalitas dari setiap anggotanya dalam merespon harapan masyarakat, baik selaku Share Holder maupun sebagai Stake Holder Premier Polri.

“Kualitas, kompetensi dan totalitas dari setiap individu personel Polri hanya dapat dicapai apabila sistem pembinaan maupun pengembangan, pengelolaan, dan pemberdayaan SDM Polri dilakukan secara tepat, akurat, mantap dan modern,” ujar lulusan Akpol 1990 ini.

Dalam buku ini dibahas bagaimana cara menciptakan SDM yang unggul sesuai visi dan misi Presiden Joko Widodo yang dikembangkan Kapolri Jenderal Idham Azis melalui 7 Program Prioritas Kapolri yang salah satunya Mewujudkan SDM yang unggul.

Dalam bukunya, Dedi menjabarkan bahwa As SDM Kapolri merupakan wadah mewujudkan SDM yang unggul yang dijabarkan menjadi 6 kegiatan antara lain rekruitmen proaktif dengan prinsip betah dan berbasis IT, pembenahan pola diklat yang siap kerja, pembenahan karier berdasarkan meritrokasi dan kompetensi, kajian peningkatan tunjangan kinerja lebih dari 70% pada tahun 2020 dan penguatan sinergitas polisional, pembenahan dan jaminan kesehatan anggota dan keluarganya dan terakhir adalah pemenuhan perumahan.

Keenam program kegiatan yang dilakukan oleh AS Sdm yang menjadi tugas dan tanggung jawab Biro Binkar adalah program ketiga yaitu pembinaan karier berdasarkan meritrokrasi dan kompetensi. Salah satu alat ukur yang dimiliki oleh Polri khususnya Ssdm Polri dalam mengukur kompetensi adalah Assessment center.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana sejarah, prinsip penyelenggaraan dan penggunaan serta metode Assessment polri. Untuk melakukan penilaian yang obyektif dan terukur, tools-tools yang ada di Asseesment polri dilakukan Kalibrasi secara berkala.

Apresiasi Kapolri
Peluncuran buku ini mendapat apresiasi Kapolri Jenderal Idham Azis. Idham mengemukakan , kebutuhan terhadap SDM unggul Polri saat ini adalah sebuah keniscayaan bagi organisasi. Mengingat, Polri adalah bagian dari lembaga negara yang sedang mengarahkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas SDM Unggul.

“Secara internal, kebutuhan SDM Unggul merupakan konsekuensi logis untuk menjawab tuntutan dan tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, baik yang berskala lokal, nasional maupun bersifat global. Singkatnya, SDM Polri yang unggul merupakan kunci keberhasilan Polri,” kata Idham.

Pernyataan soal pentingnya pengelolaan SDM disinggung Kapolri Idham Azis saat memberikan apresiasi terhadap peluncuran buku yang ditulis oleh Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (cok)

Share :