FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Cornelius Kimha Jadi Koordinator Pembangun Credit Union di Sabah dan Sarawak

PONTIANAK – Dayak International Organization (DIO) menunjuk Cornelius Kimha sebagai koordinator pembangunan koperasi simpan pinjam, Credit Union (CU) di Negara Bagian Sabah dan Sarawak, Federasi Malaysia.

Perlunya pembangunan CU di Sabah dan Sarawak didasarkan pertemuan di Sabah, 1 Agustus 2018 untuk men jadi rujukan dalam pembangunan CU di sejumlah negara dan ditindaklanjuti dalam rapat pendahuluan DIO dan MHADN di Pontianak, 8 – 9 Desember 2019.

“Cornelius Kimha, Ketua Dewan Pertimbangan DIO dan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Hakim Adat Dayak Nasional (MHADN) ditetapkan sebagai koordinator dan fasilitator pembangunan CU di Sabah dan Sarawak,” ujar Sekretaris Jenderal DIO Yulius Yohanes, Selasa (10/12/2019).

Di samping itu, Cornelius Kimha juga ditetapkan sebagai penanggung jawab penyusunan Kalender Dayak Internasional yang berisikan rangkaian kegiatan dalam satu tahun sistem bertanam/bertani Suku Dayak di Indonesia, Brunei dan Darussalam dan Malaysia.

Yulius Yohanes menyebutkan pihaknya juga sudah menetapkan Aju sebagai Divisi Pelayanan Publik, Data, dan Informasi MHADN, penanggung jawab perancangan institusi media massa online dan jaringan televisi untuk menyuarakan kepentingan pembangunan yang berpihak kepada kepentingan Suku Dayak di tingkat regional, nasional dan internasional.

 

“Khusus pembangunan CU di Sabah dan Sarawak di bawah langsung DIO. Sementara Kalender Dayak dan media massa di bawah koordinasi MHADN,” kata Yulius.

Diungkapkan Yulius Yohanes, hasil Protokol Tumbang Anoi 2019, DIO sebagai organisasi induk bagi organisasi Dayak yang bertaraf internasional. International Dayak Justice Council (IDJC) dan MHADN, misalnya, di bawah kendali DIO. (Aju)

 

Share :