FOKUS :

Darurat Stok Darah, PMI Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Banten memasuki...

BACK_BANNER_DOG

Waduk Sindangheula sebagai Bukti Kepedulian Jokowi terhadap Banten

Ilustrasi Waduk Sindangheula

Ilustrasi. Waduk Sindangheula. (Foto: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air)

 

 

Sugawa.id – Pembangunan Waduk Sindangheula, yang terletak di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, merupakan bukti kepedulian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap masyarakat Banten.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten, H Mulyadi Jayabaya kepada Sugawa.id, Kamis (4/3/2021).

Mulyadi Jayaba mengatakan, bukti nyata kepedulian Presiden Jokowi terhadap Banten tidak hanya Waduk Sindangheula tetapi juga Waduk Karian yang terdapat di Kabupaten Lebak.

“Dengan adanya Waduk Sindangheula yang dibiayai APBN itu, akan mengurangi banjir dan juga akan meningkatkan produksi pertanian dan perikanan,” ujarnya.

Waduk Sindangheula yang diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (4/3/2021) itu dirancang untuk mendukung pertanian dan kebutuhan air bersih di wilayah Banten.

Secara terpisah, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Bendungan Sindangheula mampu memenuhi kebutuhan air di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Selain itu, Waduk Sindangheula dibuat untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian yakni mengairi 1.000 hektare sawah di Banten Utara.

“Kapasitasnya untuk mengairi 1.000 hektare sawah di Banten Utara dan jadi sumber air baku bagi Banten Utara serta untuk pabrik di Kota Cilegon,” ujar Wahidin.

Waduk Sindangheula dengan luas 131 hektare itu, dibangun dengan menggunakan APBN murni senilai Rp 427 miliar. (dam)


Share :