FOKUS :

Selama Pandemi Covid-19, Gugatan Cerai di Depok Lebih Banyak

Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Pandemi Covid-19 tampaknya bukan hanya mempengaruhi perekonomian. Namun,...

BACK_BANNER_DOG

Usai Stasiun, GeNose Akan Diterapkan di Transportasi Laut dan Udara

GeNose

Ilustrasi GeNose. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan penerapan GeNose sebagai alat screening penumpang transportasi tidak akan hanya dilakukan di stasiun kereta api. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Genose segera diterapkan dalam operasional moda transportasi udara dan laut.

“Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose, dan tentunnya akan kami lakukan dengan hati-hati,” ujar dia, dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Budi menuturkan, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau. “Sehingga dapat mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum,” ucapnya.

Direncanakan penggunaan alat deteksi GeNose juga diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir pekan ini secara acak. Sementara, untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut secara teknis operasionalnya.

Ia menjelaskan, penerapan pemeriksaan melalui GeNose di sektor kereta api bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara. Selain itu, ia meminta Dirjen Perhubungan Udara dan Laut untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP-nya, menyesuaikan dengan regulasi yang ada di kedua sektor tersebut. (yah)

Share :