FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Terkait Surat Jalan Joko Candra, Brigjen PU Terancam Dicopot

Argo Konpres ok

Kadiv Humas Argo Yuwono kala memberikan keterang pers. (Ucok/Sugawa.id) 

Sugawa.id– Kabiro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen PU yang diduga membuat surat jalan untuk terpidana Joko Candra tengah diperiksa Divisi Propam Mabes Polri dan jika terbukti bersalah, yang bersangkutan akan dicopot dari jabatannya. 

“Mengenai surat jalan Joko Candra yang ditandatangani oleh salah satu kabiro di Bareskrim Polri, dari pemeriksaan dan pengakuan sementara yang bersangkutan, surat itu dibuat inisiatif sendiri,” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Rabu (15/7/2020).

 Argo menyatakan saat ini, PU masih menjalani pemeriksaan di Propam dan apabila nanti yang bersangkutan dinyatakan bersalah,  maka yang bersangkutan akan dicopot dari jabatannya. “Dari pemeriksaan sementara, ya kabiro bersangkutan menyatakan inisiatifnya sendiri dan tanpa seizin atasan,” kata Argo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit   menyatakan akan memberikan sanksi tegas kepada oknum yang terlibat dalam kasus surat jalan Joko Candra. Bareskrim bahkan segera membentuk tim khusus gabungan dari Bareskrim Polri dan Propam untuk mengusut surat jalan ini yang dikeluarkan oleh Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020, yang ditandatangani Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen PU.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini menyatakan, pihaknya masih terus melakukan pendalaman terkait adanya oknum yang terlibat sambil tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah. Namun jika nanti terbukti ada oknum dari instansinya yang terlibat, dia tak akan segan memberi sanksi.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Netta S Pane mengecam keras tindakan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri yang sudah mengeluarkan Surat Jalan kepada Joko Candra, sehingga buronan kelas kakap itu bebas berpergian dari Jakarta ke Kalimantan Barat dan kemudian menghilang. (cok)

Share :