FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Tenaga Medis RS Depok yang Tangani Corona Tak Perlu Diisolasi

Menkes Sedang Terangkan Corona ok

Menkes Terawan jelaskan penanganan virus Corona di RS Mitra Keluarga Depok. Dok Foto : Janter Sugawa.id.

 

Sugawa.id – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengungkapkan puluhan tenaga medis RS Mitra Keluarga Depok yang diduga terjangkit virus corona tak perlu menjalankan isolasi khusus. Mereka hanya perlu dilakukan pengawasan di rumahnya masing-masing.

“Mengenai yang pernah kontak dengan pasien, cukup dipantau saja dengan pengawasan, tidak usah takut, virus ini angka kematiannya lebih rendah dari difteri, cukup diawasi, kalau ada tanda-tanda segera laporkan ke RS,” kata Terawan saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga, Senin (2/3/2020).

Terawan berpesan kepada para dokter maupun perawat RS untuk selalu menangani pasien atau masyarakat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). “Bagi tenaga medis yang pernah kontak bisa bekerja lagi, cukup gunakan masker, dan dipantau karena pernah kontak dengan pasien. Kuatkan imunitas tubuh,” ujarnya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir secara berlebihan mengenai adanya dua warga Kota Depok, Jawa Barat yang positif terserang virus corona atau Covid-19. Sebab, penularan virus tersebut hanya dapat melalui kontak langsung.

“Tadi Pak Menteri bilang virusnya enggak nempel di benda mati, hanya melalui kontak langsung. Jadi saya imbau agar masyarakat jangan panik,” kata pria yang disapa Kang Emil ini.

Dia pun menghimbau agar masyarakat tak perlu membeli masker secara berlebihan. “Masker itu hanya untuk orang sakit aja, orang sehat jangan borong berlebihan, suplai masker itu harus didahulukan bagi mereka yang sakit, atau yang sehat namun berada di lingkungan orang sakit,” imbuhnya.

Sebelumnya Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan 70an tenaga medis dikhawatirkan terjangkit virus corona lantaran mendampingi pasien saat menjalankan perawatan di rumah sakit. “Ada 70 orang itu bukan pasien. Tapi dikhawatirkan, karena yang 70 ini dampingi pasien, makanya diliburkan. Mereka tenaga medis yang berinteraksi,” ucap Idris.

Kedatangan Meskes di RS Mitra Keluarga Kota Depok didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Depok Mohamad Idris, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kapolres Metro Kota Depok Kombes Azis Andriansyah, Kadiskes Depok Novarita, Dinkes Provinsi Jabar Berli dan Diskominfo Depok Sidik Mulyono. (ter)

Share :