FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Serah Terima Jabatan Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan Janji Mewujudkan Satu Wadah Advokat

Ketua Peradi Baru ok

Acara lepas sambut Ketua Umum dan Sekjen DPN Peradi (sugawa.id)

Sugawa.id – Jabatan Ketua Umum dan Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) yang semula berada di tangan Fauzie Yusuf Hasibuan dan Thomas E. Tampubolon resmi diserahterimakan kepada Otto Hasibuan dan Hermansyah Dulaimi di Kantor Sekretariat, Jumat (13/11/2020).

Pasca acara Serah Terima dan Pisah Sambut pengurus Peradi 2015 – 2020 itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan KTA oleh Ketua DPN Peradi Otto Hasibuan kepada 18 advokat yang telah kembali menjadi anggota DPN Peradi setelah menyatakan mengundurkan diri dari Peradi-RBA.

Penyerahan KTA baru itu diberikan kepada Sudjanto Sudiana, S.H., M.H.; Heroe Tjondronegoro, S.H.; Herman Ligasetiawan, S.H., M.H.; Leo Prihadiansyah, S.H; Agung Kurniawan, S.H., S.E., M.M., M.H.; Hepata Berliana M. Aritonang, S.H., M.H.; Nur Setia Alam Prawiranegara, S.H., M.Kn.; Yvonne M. Nurima, S.H.; Ridwan Sitorus, S.H.; Didi Jubaidi, S.H.; Zaenal Abidin, S.H., M.H.; F. Setiadji; Kunto, P., S.E., S.H., C.N.; Linda Teresia, S.H.; Supriatiningsih, S.H., M.H.; Adheri Zulfikri Sitompul, S.H., MIP, CLA.; Supono, S.H., M.H.; Abdul Salim, S.H., M.H.; dan Makidin Karwita, S.H..

Penyerahan KTA baru ini adalah momen dan langkah besar dari Peradi sebagai realisasi saat Munas 3 DPN Peradi atas Visi dan Misi Otto Hasibuan yang menyatakan siap dan terbuka menerima advokat yang mau mendaftarkan diri kembali bahkan bagi yang belum pernah terdaftar di Peradi di bawah pimpinannya sebagai upaya menyatukan kembali para advokat dalam satu Organisasi Advokat.

Dalam sambutannya Otto Hasibuan menyatakan dirinya kembali sebagai Ketua Umum DPN Peradi untuk mengembalikan Marwah Peradi sebagai organisasi single bar yang diakui dunia. “Kami siap menerima kembalinya advokat di luar Peradi agar menjadi satu wadah, bagi 18 advokat Jakarta Barat adalah sahabat emas karena kita bukan kenal hari ini, tapi sudah puluhan tahun, mari kita satukan visi menjadi Single Bar,” katanya ketika menyambut para anggota yang kembali ke DPN Peradi.

Sementara Nur Setia Alam, salah satu dari Team 18 Advokat “Jakarta Barat Taat Asas” menyatakan siap mengembalikan hakikat ‘advokat bersatu dalam satu wadah bernama Peradi’ yang saat ini digawangi oleh Otto Hasibuan dan Herman Dulaimi, sehingga advokat sejajar dengan para penegak hukum lainnya seperti kepolisian, kejaksaan dan kehakiman, sebagai empat pilar penegak hukum sesuai UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Ketua Indonesian Feminist Lawyers Club (IFLC) ini menyatakan dirinya meyakini Peradi sebagai organisasi berhimpunnya para organisasi Advokat yang memiliki jumlah anggota yang besar dapat menjalankan salah satu visi dan misi lainnya UU Advokat, yaitu bantuan hukum probono atas penghapusan kekerasan khususnya bagi korban perempuan dan anak, dimana dalam penanganannya cukup unik dan berbasis kesetaraan gender transformative.

DPN Peradi sendiri masih menunggu Putusan Kasasi Mahkamah Agung yang akan menguatkan amar Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang telah memenangkan gugatan banding Peradi pimpinan Fauzie Y. Hasibuan terhadap Peradi pimpinan Luhut Pangaribuan, yang menyatakan Munas di Pekanbaru pada 12-14 Juni 2015 adalah sah dan menyatakan Fauzie Yusuf Hasibuan dan Thomas E. Tampubolon adalah Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPN Peradi 2015-2020 yang sah.

Sehingga kemudian pada Munas II Peradi di Pekanbaru dilanjutkan Munas Peradi III untuk Periode ke 4 DPN Peradi 2020-2025 dimana Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H. M.M ditunjuk sebagai Ketua Umum dan H. Hermansyah Dulaimi, S.H. M.H ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal. (wib)

Share :