FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Rata-rata Kasus Covid 19 Indonesia Lebih Rendah dari Dunia

Jokowi Sekneg

Presiden Joko Widodo (Segneg)

Sugawa.id – Presiden Joko Widodo menyatakan rata-rata kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini lebih rendah daripada rata-rata kasus aktif Covid-19 di dunia. Namun presiden tetap menginstruksikan jajarannya untuk terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Data yang saya terima, per 11 Oktober, rata-rata kasus aktif Covid di Indonesia ini 19,97 persen. Saya kira bagus, karena ini lebih rendah dari rata-rata kasus aktif Covid dunia yang mencapai 22,1 persen,” ujar Presiden saat memimpin rapat terbatas untuk membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (12/10/2020).

Dikatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah rata-rata kasus aktif di Indonesia menurun dari 27 September 2020 lalu yang sebesar 22,46 persen. Hal tersebut juga diikuti dengan rata-rata kesembuhan yang per 11 Oktober lalu mencapai angka 76,48 persen, ini juga lebih baik dari rata-rata angka kesembuhan dunia yakni 75,03 persen.

“Karena itu angka rata-rata kesembuhan harus terus diperbaiki, terus ditingkatkan, dengan meningkatkan standar pengobatan baik di rumah sakit, ICU, maupun di tempat-tempat isolasi,” kata Jokowi.

Presiden menyatakan Indonesia juga harus dapat menekan angka rata-rata kematian Covid-19, yang saat ini tercatat 3,55 persen karena ini masih berada di atas angka rata-rata kematian dunia yang berada di 2,88 persen. “Ini saya kira tugas besar kita, bagaimana angka rata-rata kematian ini harus bisa ditekan terus. Penting juga menekan kasus-kasus positif dengan terus menyampaikan mengenai pentingnya kedisiplinan terhadap protokol kesehatan,” tuturnya. (wib)

Share :