FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Polri Pastikan Jalur Mudik Natal Aman

JAKARTA – Korlantas Mabes Polri pastikan sejumlah jalur yang akan dilalui pemudik untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jawa Barat telah siap. Tak hanya persiapan jalan,  persiapan pengamanan lalu lintas selama liburan itu juga sudah siap.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Senin (9/12/2019) menyatakan dari pengecekan jalur di Jawa Barat dipastikan pengamanan lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru telah siap. “Setelah mendengar presentasi dari Polda Jabar, Jasa Marga dan LMS serta Ditlantas Polda Jabar tampaknya semua persiapan sudah bagus. Kita lihat, baik di jalur arteri maupun jalur wisata kesiapan sudah bagus. Saya optimistis dengan kesiapan sangat baik,” kata Istiono.

Dia menyatakan dalam rangka keselamatan, pihaknya menghimbau pengemudi untuk beristirahat di Res Area yang disiapkan, mengingat kebanyakan kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengemudi kelelahan.

“Kita fokuskan pada kerawanan kecelakaan lalu lintas di KM 86 – KM 130. Ada satu langkah pencegahan di KM 130, yaitu ada rest area yang kita wajibkan istirahat. Kita tak ada alat pantau orang mengemudikan itu berapa jam, tapi kita lihat titik jenuh di KM 86 – KM 130. Melihat itu kita proaktif mengingatkan mereka untuk istirahat,” ujarnya.

Himbauan itu akan diterapkan dengan cara menempatkan anggota-anggota di titik-titik tersebut. “Nanti ada warning di mobil double kabin kita. Ada running text dan pengeras suara, kita ingatkanlah mereka untuk istirahat. Polda Jabar akan menyiapkan polwan-polwan di titik rawan pada pagi hari,” katanya.

Sementara dalam rilisnya, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga menyatakan telah mengoptimalkan layanan jalan tol menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU) seperti layanan operasional, infrastruktur, pendukung dan informasi.

“Optimalisasi seluruh fasilitas dan layanan transaksi tol, memaksimalkan 95 gardu transaksi dan 50 mobile reader untuk mempermudah layanan transaksi bagi pengguna jalan. Selain itu, kami juga telah menyiapkan manajemen lalu lintas untuk keadaan situasional. Layanan tersebut berlangusng sejak H-5 Natal s.d. H+5 Tahun Baru,” ujar Kepala Divisi Hukum dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak Indah Permatasari dalam siaran persnya..

Dikatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan 4 tempat istirahat dan sejumlah Posko Kesehatan 24 jam. Selain itu ada armada call centre yang siaga 24 jam untuk membantu memberi informasi melalui call centre (0254) 20778 dan layanan bebas pulsa 08001777879. (wib)

Share :