FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Polri Imbau Pengendara Utamakan Keselamatan Jelang Libur Natal 2019

Ilustrasi kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek | Foto: tangkap layar BPMI

__________

 

Sugawa.id – Korlantas Polri sebagai komponen penting dalam Operasi Lilin merilis data kecelakaan lalu lintas (laka lantas) menjelang libur nasional Natal 2019. 

Terjadi 47 laka lantas pada Minggu, 22 Desember 2019, berakibat 23 orang meninggal dunia, 60 orang luka berat dan 61 orang luka ringan. Kerugian materi akibat laka lebih dari Rp 100 juta.

“Hampir 50 persen dampak laka lantas mengakibatkan saudara kita meninggal. Ini menjadi warning buat pengendara, bahwa dampak laka lantas yang terjadi cukup fatal hingga menghilangkan nyawa,” jelas Karopenmas Brigjen Argo Yuwono dalam keterangan resmi kepada Sugawa.id.

Dari 47 laka lantas tersebut, dominan kendaraan yang terlibat adalah motor, sebanyak 52 unit. Selain itu terdapat 11 mobil pribadi, 6 bus, 19 mobil angkutan barang.

“Total kendaraan terdampak laka ada 104 unit kendaraan bermotor,” jelas Argo Yuwono.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Argo Yuwono

 

Guna menekan jumlah laka dan fatalitas dampak laka, Korlantas Polri hingga ke Satuan Lantas jajaran kewilayahan konsisten untuk melakukan penindakan. “Petugas menilang 3.315 pelanggaran dan memberi 3.509 teguran. Setidaknya dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas, kita berharap dapat meminimalisir jumlah laka dan dampak fatalitas laka,” harap Argo Yuwono.

Pada bagian akhir, Karopenmas menghimbau agar masyarakat terutama para pengendara meningkatkan kehati-hatian dalam berkendara. Niat ingin bersilahturahmi dengan keluarga dalam merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, maka utamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Pengendara berhati-hati, kendaraan sehat dan lengkap surat dan mematuhi rambu dan perintah petugas selama di jalan, insya Allah liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat dinikmati bersama keluarga dan handai taulan,” tutup Argo Yuwono. (gas)

Share :