FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu Jalur Laut Asal Malaysia

JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil membongkar sindikat penyelundupan dan perdagangan narkoba jenis sabu dari Malaysia menuju Indonesia melalui Selat Malaka. Para pelaku menyelundupkan sabu seberat 37 Kg dengan menggunakan sampan. Polisi berhasil menangkap 4 orang tersangka, sementara seorang lainnya dinyatakan DPO.

 “Para tersangka kami tangkap di pelabuhan saat hendak mengambil sabu menggunakan sampan di tengah laut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono, Senin (9/12).

Sementara itu, Wadir Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Krisno Halomoan Siregar, menjelaskan penungkapan kasus ini berawal dari penangkapan tersangka RY pada Kamis (5/12). RY ditangkap saat menunggu kiriman paket sabu di Pelabuhan Sarang Elang, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Dia menyatakan saat ini tiga orang rekannya akan dating membawa barang haram tersebut masuk ke Indonesia.

“Setelah petugas lama menunggu sesuai keterangan RY, akhirnya 3 tersangka lainnya yakni AL, ZL dan BM tiba di Pelabuhan Sarang Elang menggunakan sampan. Maka kami pun segera menangkap mereka. Para tersangka mendapatkan sabu dari penyuplai asal Malaysia. Sabu itu dipindahkan dari kapal penyuplai ke sampan mereka saat bertemu di tengah laut,” ujar Krisno.

Polisi saat ini tengah memburu satu orang tersangka yang menjadi DPO. Tersangka diduga berada di Malaysia. Atas perbuatannya, polisi menjerat para tersangka dengan pasal 114 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. (wib)

Share :