FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Polri Buka Peluang Ada Tersangka Baru di Kasus Gus Nur

Awi Demo ok

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Awi Setiono (sugawa.id)

Sugawa.id – Bareskrim Polri belum menutup adanya kemungkinan tersangka lain dalam kasus ujaran kebencian terhadap ormas Nahdatul Ulama yang dilakukan oleh Gus Nur. Saat ini polisi telah memeriksa 4 saksi yakni dari pihak pelapor dan dua saksi ahli dari hukum pidana dan bahasa.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Awi Setiono yang ditanya wartawan soal kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus yang menjerat Gus Nur, menyatakan kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus Gus Nur bisa saja. “Bisa saja, kan ini belum final. Nanti kan kami (Polri) masih memeriksa kasus ini, siapa yang unggah, siapa yang rekam dan siapa yang wawancara. Proses ini masih berjalan,” ujar Awi, Selasa (27/10/2020).

Dalam keterangannya, Awi menyebutkan dari hasil pemeriksaan tersangka Gus Nur melakukan unggahan video yang dianggap menyebarkan kebencian kepada NU tersebut karena yang bersangkutan mengaku peduli dengan NU.

Yang bersangkutan menyatakan peduli terhadap NU. Dia menyatakan NU yang sekarang beda dengan NU yang dulu. Tadi Bareskrim juga sudah menanyakan kepada saksi ahli bidang hukum pidana dan bidang bahasa apakah ungkapan yang diungkapkan Gus Nur dalam unggahannya masuk ranah hukum pidana tidak. Selain dua saksi tersebut, Polri juga masih akan memanggil saksi ahli digital forensik,” kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Sebelumnya menurut pengacaranya Chandra Purna Irawan, Sugi Nur Rahardja atau yang akrab disapa Gus Nur dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 UU ITE. Selain itu, Gus Nur disebutkan dijerat dengan Pasal 310 dan 311 KUHP serta 207 KUHP. Yang bersangkutan dituding melakukan ujaran kebencian terhadap ormas NU. (wib)

Share :