FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Pernah Berlatih Perang, 15 Anggota JAD Ditangkap Densus 88

Densus 88 ok

Densus 88 – (Ilustrasi Tribun News)

Sugawa.id – Lima belas orang teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah ( JAD) yang selama ini bekerja sama dengan Mujahid Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora berhasil ditangkap tim Densus 88 Mabes Polri di kawasan Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Adapun ke-15 teroris yang ditangkap adalah KIA (33) pimpinan JAD Bekasi,AR (54), MF (21), S (30), M (27), ML (27), RM (22), OL (47), AA (24), H (44), MR (23), AH (54), RFP (24), SR (35) dan AR (42).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyatakan ke-15 teroris tersebut telah berbaiat (bersumpah) kepada pimpinan ISIS di salah satu rumah anggota JAD di Bekasi pada 2019 lalu. Selain itu, ke-15 teroris juga telah mengikuti sejumlah pelatihan perang sebagai persiapan untuk melakukan serangan.

“Mereka telah mengadakan idat (latihan) dan kajian di Goa Ciwadong, Jonggol. Mengadakan idad di Curug, Karawang pada tanggal 8 September 2019. Mengadakan kegiatan kajian di Gunung Batu, Bogor, dan berbaiat kepada ISIS di rumah RN, serta membantu pembiayaan JAD dan MIT,” kata Awi.

Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah sebuah kelompok militan asal Indonesia yang dilaporkan memiliki kaitan dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau yang biasa dikenal sebagai ISIS. Di Indonesia, aksi JAD yang paling diingat adalah saat mereka melakukan pengeboman di Surabaya 2017-2018 lalu. Selain itu kasus yang paling mencuat dari jaringan ini adalah kasus penyerangan terhadap mantan Menkopolhukam Wiranto. (cok)

Share :