FOKUS :

Heboh Pembebasan Bersyarat Napi Eks Tipikor, Ini Loh Aturan Hukumnya

Kabag Humas dan Protokol Dirjen Pas, Rika Apriant. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Sejumlah narapidana eks kasus tindak pidana korupsi...

BACK_BANNER_DOG

Pentingnya Kesehatan Gigi bagi Generasi Muda

WhatsApp Image 2022-08-25 at 11.12.30

Bakti Sosial LADOKGI TNI AL R.E MARTADINATA. (foto: Media center Ladokgi TNI AL)

Sugawa.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke -58 tahun, Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL (Ladokgi) R.E Martadinata melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial. Salah satu diantaranya adalah Bakti Sosial penyuluhan Ortodonti ( ilmu merapikan gigi) , yang diadakan selama 2 hari sejak tanggal 23-24 Agustus 2022 bertempat di tigA sekolah menengah atas binaan Pengurus Pusat Jalasenastri.

Bakti sosial hari pertama dilakukan di SMK Hang Tuah 2 Sunter dengan jumlah peserta 220 orang siswa kelas X dan SMK Pelayaran Jakarta Raya Sunter dengan jumlah peserta 135 siswa kelas X. Sementara pada hari ke dua dilakukan di SMA Hang Tuah 2 dengan jumlah peserta 221 siswa kelas XI. Kegiatan ini dihadiri oleh Kol. Laut (K) drg. Yun Mukmin Akbar, Sp. Ort., mewakili Kaladokgi R.E. Martadinata di SMK Pelayaran Jakarta Raya Sunter dan di SMA Hang Tuah I Cipulir diwakili oleh Kol Laut (K) drg. Suhardi, Sp. Ort. Sedangkan untuk pemateri penyuluhan ini disampaikan oleh beberapa dokter gigi spesialis ortodonti dari Ladokgi TNI AL, diantaranya : Letkol Laut (K/W) drg yeti.,Sp.Ort, Letkol Laut ( K ) drg. Muh.Arifin.,Sp.Ort, Drg. Tryana.Sp.,Ort. Drg. Prilia,.Sp.Ort. Drg. Ervina.,Sp.Ort dan drg.Sandra.Sp.Ort.

Tema dari bakti sosial ortodonti ini adalah ” improving your smile, improving your life ” , sesuai dengan tema World Orthodontic Health Day tahun 2022. Kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi/ edukasi tentang kesehatan gigi khususnya ortodonti atau orang awam menyebutnya behel gigi , perawatan oleh profesional berkompetensi yaitu dokter gigi spesialis ortodonti, dan bagaimana perawatan ortodonti pada waktu yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan calon prajurit TNI AL dapat lulus tes kesehatan gigi saat penerimaan. Karena perawatan ortodonti yang benar, akan menghasilkan fungsi pengunyahan yang baik dan senyum yang lebih indah, sehingga akan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Hal ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.

Bakti sosial ortodonti ini, merupakan bakti sosial kesehatan gigi yang pertama kali dilakukan di ketiga sekolah tersebut, sehingga sekolah sangat menyambut baik kegiatan ini. Baik Kepala Sekolah SMK Hang Tuah 2, Bapak H. Ahmad Arief Fachrudin, S.Sos. I; Kepala Sekolah SMK Pelayaran, Bapak Kol Laut (Pur) Bagipurbayu, S.Pd; maupun Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 1, Bapak Drs. Hamidi, S.Sos., M.IKom menyatakan harapannya agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. (*)

 

Share :