FOKUS :

Selama Pandemi Covid-19, Gugatan Cerai di Depok Lebih Banyak

Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Pandemi Covid-19 tampaknya bukan hanya mempengaruhi perekonomian. Namun,...

BACK_BANNER_DOG

Pengelolaan Sampah dan Limbah Tumbuh 6,04 Persen di 2020

Untitled-2

Acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Senin (22/2/2021).(Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Amanat utama pengelolaan sampah dalam undang-undang Nomor 18/2008 adanya perubahan pengelolaan sampah, dari kumpul, angkut buang menjadi pengurangan di semua sumber.

“Pendekatan ini dengan melakukan kombinasi kerja, dengan implementasi Reduce, Reuse dan Recycle (3R),” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Senin (22/2/2021).

Implementasi 3R tersebut, menurut Siti, mengelola sampah dengan pengolahan sampah sebagai sumber daya bahan baku dan energi terbarukan. Dan pengolahan sampah di Tempat pembuagan akhir (TPA) dengan berwawasan lingkungan.

Menurut Siti, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada kuartal ketiga 2020 lalu, dari 17 lapangan usaha ada 7 sektor yang mengalami pertumbuhan positif. Di antaranya, sektor usaha, pertanian, jasa pendidikan, jasa kesehatan hingga sektor pengadaan air, pengelolaan sampah dan limbah.

“Sektor pengadaan air, pengelolaan sampah dan limbah mengalami kenaikan 6,04 persen. ini merupakan kabar baik dalam pengelolaan sampah di Indonesia,” katanya.

Oleh karena itu, dikatakan Siti, peringatan HPSN 2021 untuk memperkuat pengelolaan sampah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sekaligus wujud pengolahan sampah secara berkelanjutan.

Lebih jauh Siti menerangkan, peringatan HPSN 2021 harus bertranformasi melalui aktualisasi produktifitas masyaarakat. Agar penanganan sampah mampu berkontribusi nyata dalam menyejahterakan masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi.

“caranya dengan menjalankan barang dan kemasan barang sekali pakai, tahan lama dan digunakan ulang serta bisa didaur ulang,” ucapnya. (nas)

Share :