FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Pengamanan Natal Tahun Baru TNI/Polri Kerahkan 191.807 Personel

pengamanan natal

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyampaikan pihaknya akan menggelar Operasi Kepolisian yang diberi sandi operasi “LILIN 2019” di seluruh wilayah Indonesia. Pihaknya akan menurunkan 191.807 personil pengamanan dari TNI-Polri untuk menjaga  61.308 objek keamanan.

“Apel pasukan akan digelar 19 Desember 2019 mendatang di Medan dan akan ada 61.308 objek keamanan yang jadi perhatian Polri, di antaranya gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek tahun baru, terminal dan lain-lain. Akan disiapkan 191.807 personil pengamanan dari TNI-Polri serta satuan terkait lainnya,” ujar Kapolri dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Idham juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan mengoptimalkan Rekayasa Lantas (Pengendalian terpusat, Contra Flow, Buka tutup arus, One Way System) dan mengoptimalkan Harkamtibmas, termasuk akan menegakkan hukum terhadap jaringan pelaku teror yang akan membuat kegaduhan. “Mulai tanggal 19 Desember akan kita gelar operasi Lilin,” katanya.

Sementara Menko Polhukam Mahfud MD dalam sambutannya menyatakan bahwa pemerintah perlu memastikan kesiapan aparat keamanan dalam menghadapi datangnya Natal dan Tahun Baru. “Rapat koordinasi hari ini fokusnya itu membahas keamanan dan ketentraman masyarakat menghadapi hari Natal dan Tahun Baru. Kita coba menyiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ungkap Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyatakan pihaknya juga mencoba membahas soal peningkatan ancaman kerawanan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2020, sehingga dibutuhkan pembahasan secara bersama untuk mengetahui kesiapsiagaan dan sinergitas antar lembaga.

Rapat koordinasi keamanan Natal dan Tahun Baru tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Kapolri Jenderal Idham Azis, Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Bagus Puruhito, perwakilan PT Pertamina, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan Jasamarga.(wib)

Share :