FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Penanaman Nilai-nilai Pancasila Terganjal Hoax

JAKARTA – Dewan Pengarah BPIP Rikard Bagun menyatakan saat ini habituasi dan penanaman nilai-nilai Pancasila terganggu oleh distraksi digital. Sehingga aktualisasi tersebut kerap menjadi serangan berita-berita palsu (hoax).

“Pengaktualisasian pancasila sekarang terganggu oleh berita palsu, penolakan agama, penolakan ideologi, dan guncangan perubahan yang begitu besar yang menjadikan adanya distraksi digital,” ujar Rikard di sela-sela Kegiatan Musyawarah Nasional Pemantapan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan BUMN. Jumat (29/11).

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembindaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina, menyelenggarakanyang perlu dilakukan oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) diperlukan agar pegawai dan elemen yang ada di BUMN dapat consensus pada  empat pilar negara yakni UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal, dan Pancasila dalam upaya mencapai visi dan misi Indonesia adil dan makmur. Semua elemen berkomitmen untuk menjaga konsensus empat pilar,” tegasnya. 

Sementara Staf Khusus  BPIP Antonius Benny Susetyo menyatakan bahwa Habutuasi Pancasila harus ditanamkan sejak kecil untuk bisa menerima kemajemukan. Sehingga BUMN perlu mengaktualisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Aktualisasi dan pengarus utama BUMN terhadap Pancasila sangat penting karena menyangkut hajat/kesejahteraan hidup orang banyak,” jelas Benny.

Sedangkan sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) A. Adang Supriadi menjelaskan ada empat sumber radikalisme yaitu anti toleransi, anti pancasila, anti NKRI dan Takfuri.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari para pejabat BUMN dan pejabat yang membidangi Divisi SDM dari 47 BUMN yang ada di Indonesia tersebut, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi menyatakan pentingnya para pegawai dan elemen yang ada di BUMN menjaga. (wib)

Share :