FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Pelayat Ibunda Presiden Joko Widodo Diminta Patuhi Aturan Physical Distancing

 

Sugawa.id – Innalillahi wa Innailahi raji’un. Ibunda Presiden Joko Widodo, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo tutup usia di Rumah Sakit TNI Slamet Riyadi Solo Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020), pukul 16.45 WIB. Jenazah almarhumah akan dimakamkam di Desa Mundu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, hari Kamis (26/3/2020) pukul 13.00.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa ibunya mengidap penyakit kanker selama empat tahun.
Almarhumah dan keluarga juga sudah mengupayakan untuk berobat. Namun Allah berkehendak lain. Presiden pun meminta masyarakat Indonesia mendoakan kepergian ibundanya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dari rumah masing-masing. Ia meminta masyarakat tidak perlu beramai-ramai datang melayat untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman, karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak),” kata Pratikno, Kamis.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tetap berkeinginan hadir, diimbau untuk tetap menerapkan physical distancing sesuai imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pratikno menyatakan, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia yang telah menyampaikan bela sungkawa dan mendoakan almarhumah Sudjiatmi Notomihardjo.

“Semoga Almarhumah husnul khotimah dan memperoleh tempat paling mulia di sisi Allah SWT. Amiin YRA,” kata Pratikno.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memuji langkah Presiden Jokowi yang meminta jajaran menterinya tetap berada di Jakarta. “Beliau meminta para menteri tetap bekerja di Jakarta untuk menghadapi corona, itu sikap yang luar biasa,” ujar Ma’ruf dikutip dari Kompas TV, Rabu (25/3/2020).

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman juga mengatakan, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju diminta untuk tetap di Jakarta dan mengirim doa atas meninggalnya Ibu Sujiatmi Notomiharjo.

Menurut Fadjroel, pesan ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno. “Pak Mensesneg Pratikno menminta doa dari kami semua, dari Kabinet Indonesia Maju, disampaikan saja dari Jakarta,” kata Fadjroel.

Menurut Fadjroel, Pratikno telah meminta supaya semua menteri fokus kepada tugas masing-masing. Untuk itu, seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju diminta tak bertolak ke Solo.

Menteri Agama Fachrul Razi mengajak umat Islam melaksanakan shalat gaib dan mendoakan almarhumah Sujiatmi Notomiharjo. Ia juga meminta masyarakat mendoakan keluarga yang ditinggalkan. “Mari kita umat Islam Indonesia masing-masing melaksanakan shalat gaib dan mendoakan almarhumah husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” kata Menag melalui keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Bagi warga non-muslim, Fachrul mengimbau supaya berkenan mendoakan menurut kepercayaan masing-masing. (gas)

Share :