FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Pelajar Terbaik Indonesia Diundang Ikuti Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Secara Daring

WhatsApp Image 2020-09-02 at 13.20.51

Salah satu bimbingan program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang diselenggarakan Kemendikbud (sugawa.id)

 

Sugawa.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak 2018 telah memulai program penguatan pendidikan karakter (PPK). Salah satunya adalah kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Jenjang SMP. Program tersebut bertujuan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga.

Direktur SMP, Kemdikbud Mulyatsyah mengatakan, para pelajar terbaik seluruh Indonesia diundang untuk mengikuti pembinaan ekstrakurikuler (ekskul) secara daring. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19. Tujuan kegiatan ini, agar generasi muda memiliki pengetahuan yang memadai tentang Pancasila dan patriotisme. 

“Banyak hal postif yang terkandung dalam kegiatan ini, kita harus bangga terhadap ideologi bangsa yaitu Pancasila,” ujar Mulyatsyah, Rabu (2/9/2020).

Ia menjelaskan, pemateri yang dilibatkan dari TNI, kepolisian, motivator, dan praktisi pendidikan. Ia berharap, kegiatan ini dapat berbagi semangat religius, kepedulian, disiplin, mandiri, kerja sama, jujur, nasionalisme, demokratis, dan bertanggung jawab bagi lingkungan. 

“Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi siswa. Dan mereka bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Ia menambahkan, siswa-siswi yang dinilai aktif dan menyimak kegiatan ini secara tuntas, akan mendapat bingkisan menarik dari panitia. Sementara, bagi guru pendamping dan dinas pendidikan akan mendapat piagam sebagai tanda keikutsertaan. 

“Model kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP berbentuk edutainment,” bebernya.

Sebelum pandemi Covid-19, kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP dilakukan secara liring. Dengan menghadirkan seribu anak-anak dan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta praktisi pendidikan. 

“Kalian harus semangat. Karena ini adalah bentuk apresiasi kementerian untuk kalian semua supaya kalian memahami pendidikan Pancasila dan bela negara secara menyenangkan,” terangnya. 

Ditambahkan Mulyatsyah, pendidikan karakter penting untuk dikuatkan sejak dini. Hal ini penting, agar menjadi pembiasaan dan karakter individu. Selain itu, kegiatan ini salah satu cara untuk membentuk pembiasaan (nilai-nilai positif) supaya karakter kalian lebih terbentuk. 

“Nanti setelah kegiatan ini hal-hal positif yang kalian peroleh lakukan berulang-ulang agar menjadi pembiasan,” pesannya. (nsa)

Share :