FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Menteri Perhubungan Pimpin Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengecek kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (11/12/2019). Langkah ini dilakukan menjelang periode angkutan Natal dan Tahun Baru.

Dalam kesempatan itu Menhub melakukan ramp check pesawat, didampingi Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, Kapolres Soekarno-Hatta AKBP Adi Ferdian Saputra, dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

“Ramp check dilakukan secara random terhadap pesawat. Paling vital dalam ramp check ini adalah memeriksa roda pesawat, selain itu juga pengatur kecepatan dan keseimbangan. Kami juga meminta agar seluruh maskapai melakukan self checking,” katanya.

Pada Periode Natal dan Tahun Baru di Soekarno-Hatta yang berlangsung pada 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, jumlah penumpang pesawat diproyeksikan mencapai 3,48 juta penumpang. Sementara pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 23.397 penerbangan.

Menhub mengatakan peningkatan 1 persen pada pergerakan pesawat Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 di Soekarno-Hatta dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini menandakan industri penerbangan semakin membaik.

“Saya gembira bahwa aircraft movement di Soekarno-Hatta sudah seperti dulu. Ada peningkatan 1 persen di pergerakan pesawat, sudah baik karena (di bulan-bulan) sebelumnya negatif. Untuk penumpang pesawat kenaikan bisa sampai 5 persen,” ujar Menhub.
Selain melakukan ramp check di sisi angkutan udara, Menhub juga melakukan inspeksi ke area kedatangan dan keberangkatan penumpang di Terminal 3.

Di tempat yang sama, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan lancar dengan standar pelayanan tinggi selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Ada tiga hal yang menjadi prioritas kami, pertama People, ini tentang kecukupan personil dalam hal operasi mandatori kebandarudaraan. Kedua, Process. kami memastikan bahwa seluruh standard operating procedure (SOP) antar stakeholder berjalan optimal dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

“Ketiga Facilities, seluruh fasilitas dan infrastruktur operasi serta pelayanan akan kami perhatikan, terutama yang mandatori seperti misalnya aspek mechanical electrical facilities, airside, land side dan data network sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat sempurna melayani di seluruh customer touchpoint yang bersinggungan dengan operasi penumpang pesawat pada peak season angkutan Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya.

“Sampai hari ini, jumlah pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di Soekarno-Hatta sudah mencapai 1.031 penerbangan, dan angka ini masih dapat terus bertambah,” ujar Muhammad Awaluddin. (Gas)

Share :