FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Lestarikan Pantai, TNI-Polri Tanam 20 Ribu Pohon Bakau di Mauk

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Eddy Prabowo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar  penanaman 20 ribu bibit pohon bakau di Kecamatan Mauk, Tangerang. Dok Foto : Humas Pemprov Banten.

 

Sugawa.id –Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Eddy Prabowo, Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta tokoh masyarakat beserta berbagai organisasi kemasyarakatan melakukan penanaman 20 ribu bibit pohon bakau dan penebaran satu juta benih ikan di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/2/2020).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk terus menjaga ekosistem bakau dan ikan. “Saya berharap penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan bisa memberi manfaat bagi masyarakat pesisir. Sebab, selama ini pohon bakau dianggap bisa menahan kenaikan air laut, sehingga meminimalisir kemungkinan banjir,” kata Panglima TNI.

Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. “Jadi kegiatan yang kita lakukan di Kecamatan Mauk ini hanya simbolis saja. Tapi seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang, dan bandeng, nila,” jelasnya. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengajak masyarakat muda agar lebih peduli terhadap lingkungan,” tambah Kapolri.

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo menyatakan sangat mendukung terselenggaranya kegiatan seperti ini karena punya peran penting agar ekosistem terpelihara. Menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas.

“Dengan penanaman mangrove dan penebaran benih ikan ini semoga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada kita semua untuk senantiasa bersama- sama menjaga dan menata lingkungan hidup kita guna mewujudkan stabilitas ekosistem alam dan derajat kehidupan sosial masyarakat kita di masa mendatang,” ucapnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berharap kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya Banten untuk bisa ikut bersama menanam bibit pohon ataupun ikan dari lingkungan sekitar rumah.

Hal senada juga diungkap Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bahwa Pemerintah Daerah telah menginisiasi program Gerakan Membangun Masyarakat Pantai (GERBANG MAPAN). “Ini merupakan bagian dari Program Gerakan Membangun Masyarakat Pantai dengan harapan selain dapat terjaga keseimbangan ekosistem alam antara pembangunan konvensioal dengan sektor pesisir dan pertanian,” jelasnya. (wib)

Share :