FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Lagi, Dua Orang Indonesia Positif Corona

corona

Ilustrasi virus corona. (foto: minews.id)

 

Sugawa.id – Kementerian Kesehatan kembali mengumumkan adanya dua orang warga Indonesia yang positif terserang virus corona. Kedua penderita baru ini sudah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Jubir Penanganan Virus Corona di Indonesia Achmad Yurianto menyatakan bahwa Indonesia resmi memiliki dua orang lagi yang dinyatakan terjangkit virus Corona.
“Kita dapatkan dua orang confirm sebagai kasus 3 dan 4 (terinfeksi virus Corona,” ujar Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (6/3/2020)

Dia menjelaskan bahwa dua orang ini termasuk dalam 80 orang yang berada di dalam satu acara dan kontak dengan kasus pertama positif corona. “Kita melakukan penelusuran mencari, kemudian mengidentifikasi, orang-orang yang kontak dengan dua kasus yang pertama,” lanjutnya. Dengan demikian saat ini sudah ada 4 orang Indonesia yang positif corona.

Sementara Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna berharap masyarakat tidak panik terkait isu penemuan pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Sebab penularan virus tersebut di Kota Depok tidak ada sama sekali.

“Masyarakat nggak perlu panik dan risau, karena nggak ada penularan virus ini dilingkungan. Buktinya pasien yang dibilang positif corona sudah berangsur pulih. Jangan takut karena ini bukan sesuatu yang menakutkan,” kata Pradi saat ditemui di Balaikota Depok, Jumat (6/3/2020).

Ia menjelaskan ada sejumlah cara untuk menangkal virus corona. Salah satu caranya menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. “Ada juga obat yang ditemukan peneliti UI yang sangat ampuh mematikan virus ini. Kalau seseorang sehat tidak akan tertular corona. Ini kan penyakit biasa yang bisa disembuhkan,” imbuhnya.

Pradi menuturkan, pihaknya juga sudah menginstruksikan seluruh jajaran Rumah Sakit dan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas di Kota Depok dalam melakukan upaya pencegahan dan antisipasi munculnya pneumonia itu. Sosialisasi mengenai gejala dan antisipasi terhadap virus corona telah diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Yang mudah diserang itu adalah orang yang kondisi fisiknya nggak sehat. Makanya imunitas tubuh harus dijaga. Jika mengalami demam, batuk dan sesak pernapasan secara bersamaan dapat langsung berobat ke RS atau pun puskesmas,” ujarnya. (wib/ter)

Share :