FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Lagi, 47 Pendemo Omnibus Law Dinyatakan Reaktif Corona

Argo Konpres ok

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono (sugawa.id)

Sugawa.id – Dari 1.577 orang pendemo yang diamankan polisi dalam unjuk rasa menentang Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Selasa, (13/10/2020), 47 orang dinyatakan reaktif Covid 19.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penangkapan terbanyak dilakukan oleh jajaran Polda Metro Jaya yakni sebanyak 1.523 pendemo. “Ditreskrimum mengamankan 512 orang, Polres Jaksel 145 orang, Polres Jakut 147 orang, Polres Tangerang Kota 185, Polres Metro Bekasi 173 orang dan Polres Tangsel 119 orang,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10/2020).

Dari ribuan pengunjuk rasa yang diamankan, Argo mengatakan, sebanyak 47 orang dinyatakan reaktif corona. Untuk pendemo yang ditemukan reaktif corona langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menambahkan, sisa pendemo dinyatakan non reaktif corona dan akan diperiksa lebih lanjut. Jika nantinya dalam pemeriksaan ditemukan unsur pidana maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. “Di periksa dan kalau memenuhi unsur pidana diproses,” ucapnya.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa 13 Oktober kemarin diwarnai kericuhan. Kericuhan terjadi usai aksi demo yang dilakukan massa FPI dan PA 212 membubarkan diri. Kericuhan terjadi usai massa yang didominasi pelajar dan remaja tiba-tiba muncul dan menyerang aparat keamanan.

Sebelumnya pada demo penolakan Omnibus Law Cipta Kerja pada 8 Oktober 2020 lalu, ada puluhan pendemo baik yang ditangani Polda Metro Jaya maupun Polda Jawa Barat telah dinyatakan reaktif Corona dan harus dilarikan ke rumah sakit. Puluhan pendemo itu dinyatakan reaktif Corona setelah diperiksa oleh tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) masing-masing Polda. (elo)

Share :