FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Komitmen Satu Wadah, Sejumlah Advokat Senior Kembali Gabung Peradi SOHO

Nur Peradi Ok

Sejumlah Advokat senior kembali ke Peradi Soho (sugawa.id) 

Sugawa.id– Sejumlah advokat senior yang semula bergabung dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) versi Luhut MP Pangaribuan (RBA) akhirnya memutuskan untuk bergabung kembali dengan Peradi pimpinan Fauzi Hasibuan (SOHO), Rabu (9/9/2020). Deklarasi kembalinya para advokat senior itu didasari keinginan mempersatukan kembali para advokat dalam satu wadah.

Salah satu advokat senior yang memilih bergabung, Nur Setia Alam menyatakan kembalinya para advokat senior ini karena ingin mengembalikan marwah UU Advokat.

“Semula kami masuk ke Peradi Pak Luhut agar dapat memperbaiki Peradi ke arah lebih baik, namun kenyataan Peradi tak pernah menjadi satu wadah, maka kami memilih kembali duduk bersama dengan Peradi SOHO. Jika keinginan kami untuk mengajak semua advokat Indonesia bersatu ternyata juga tidak berhasil, maka harus merevisi UU Advokat dan membentuk satu Dewan Pengawas Bersama,” kata Nur.

Ketua Indonesian Feminist Lawyer Club (IFLC) ini menyatakan alasan paling kuat para advokat senior ini bergabung kembali ke Peradi Semula atau Soho ini, pertama agar bisa mewujudkan Organisasi Adavokat dalam satu wadah dimana para anggota advokat terlindungi dan diperlakukan yang sama dengan penegak hukum lainnya sehingga tidak ada yang saling tuduh.

“Kami berharap tidak ada lagi yang bertanya ini dari organisasi mana dan itu dari organisasi mana, atau saling klaim bahwa organisasinya adalah yang paling bersih di muka bumi. Sehingga untuk memperbaiki keadaan kami lebih baik kembali taat kepada asas semula. Kedua, kami merasa kebersamaan jauh lebih nikmat daripada perbedaan sehingga kami memilih kembali ke organisasi Advokat yang lama,” tambah Nur.

Dan yang paling penting, lanjutnya, perlunya membangun kembali citra advokat di mata masyarakat sehingga advokat akan dinilai lebih berintegritas dan tidak mengedepankan ego sektoral. “Kita harapkan advokat kembali bersatu dalam satu wadah sebagaimana diatur dalam UU No 18 tahun 2003 tentang advokat,” tuturnya.

Sejumlah advokat yang kembali bergabung antara lain Nur Setia Alam, Sudjanto Sudiono, Heroe Tjondronegoro, Herman Liga Setiawan, Leo Prihadiansyah, Agung Kurniawan, Berliana M Aritonang, Yvone M Nurima, Ridwan Sitorus, Didi Jubaidi, Zainal Abidin, F Setiadi Kunto, Linda Teresia, Supriatiningsih, Adheri Zulfikri Sitompul, Supono, Abdul Salim, dan Makidin Karwita. Para Advokat ini kembali ke Peradi SOHO dengan memilih keanggotaan di Peradi DPC Jakarta Barat di bawah pimpinan Herman Dulaimi. (wib)

Share :