Komisioner KPU Jawa Barat Divonis Bebas

WhatsApp Image 2023-01-19 at 19.39.09

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Titik Nurhayati. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung membebaskan mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang kini menjabat Komisioner KPU Jawa Barat, Titik Nurhayati, Rabu (18/1/2023).

Majelis hakim yang diketuai T. Benny Eko Supriyadi, Eka Saharta Winata Laksana dan Jeffry Yefta Sinaga dalam amarnya, menyatakan terdakwa Titik Nurhayati tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagai dalam dakwaan primer dan dakwaan subsider Penuntut Umum.

“Membebaskan terdakwa Titik Nurhayati oleh karena itu dari seluruh dakwaan penuntut umum. Memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya,” kata Benny dalam situs resmi Pengadilan Tipikor Bandung.

Menetapkan barang- barang bukti yang disita untuk perkara ini harus dikembalikan oleh Penuntut Umum kepada orang yang berhak dari mana barang bukti tersebut.

Sebelumnya, mantan Ketua KPU Kota Depok yang kini sebagai Komisioner KPU Jawa Barat, Titik Nurhayati dituntut selama 1 tahun dan 6 bulan penjara. Karena Titik melanggar Pasal 2 Ayat 1 jo Pasal 18 Ayat 1 huruf b UU No.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. (ter)

Share :