FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Kemenag Siapkan Beberapa Skenario Haji 2021

Wamenag

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. (Foto: Ist)

 

 

Sugawa.id – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi pihaknya masih terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

“Penyiapan pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) juga mulai dilakukan dengan Komisi VIII DPR RI,” tutur Zainut dalam Webinar Haji dan Umrah di masa pandemi yang diselenggarakan oleh Indoposco.id, Rabu (10/3/2021).

Ia mengatakan, tim manajemen krisis yang dibentuk Kementerian Agama pada akhir Desember 2020 juga terus bekerja mempersiapkan beragam skenario.

“Nah demikian juga koordinasi dengan pihak Arab Saudi masih terus dilakukan yaitu melalui Konsul Haji KJRI Jeddah,” jelasnya.

Ada beberapa skenario yang telah disiapkan beberapa bulan ini, yaitu kuota penuh sebagai skenario pertama, kedua kuota terbatas atau opsi yang kemungkinan yang paling buruk adalah tidak memberangkatkan jemaah haji.

“Namun pemerintah masih bekerja untuk menyiapkan opsi pertama yaitu kuota penuh dengan asumsi kuota normal yaitu 22.1 ribu jemaah dengan biaya haji merujuk 2020 rata-rata Rp35.235.602 per jamaah,” ucapnya.

“Akan tetapi skenario tersebut masih tergantung dari pemerintahan Arab Saudi,” tandasnya. (yah)

Share :