FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Katulampa Siaga 2, Malam Ini Jakarta dan Sekitarnya Masih Diguyur Hujan

Sumber Info grafis: @bnpb_indonesia

 

Sugawa.id-Sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya masih terendam air. Tentunya warga baiknya tetap waspada. Apalagi hujan bakal mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Dikutip sugawa.id dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu (1/1/2020) malam, seluruh wilayah di Ibu Kota diprediksikan diguyur hujan ringan. Bahkan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, diguyur hujan sedang.

Demikian juga di Serang, Kota Tangerang, Tigaraksa, dan Ujun Kulon, Banten. Malam ini akan diguyur hujan lokal. Sedangkan Depok dan Kota Bogor, malam ini diprakirakan berawan. Dikutip dari akun resmi @bnpb_indonesia, tinggi air di Bendungan Katulampa, Bogor pada 1 Januari 2020 pukul 09.10 WIB setinggi 170 cm. ’’Hujan, siaga 2,’’ begitu bunyi Twitter @bnpb_indonesia.

Sekadar diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga yang berada di bantaran sungai mengantisipasi limpahan air banjir. Pihaknya sudah menyiapkan tenda pengungsian. Kebutuhan warga yang terkena dampak banjir juga sudah disediakan.

Sejumlah lokasi di Jakarta memang terdampak banjir. Di Jakarta Timur misalnya. Ada belasan titik  banjir. “Di Jakarta Timur, lebih 11 titik banjir. Salah satunya di Cipinang Melayu. Saat ini sedang dilakukan proses evakuasi,” ujar Anies setelah meninjau lokasi banjir di RW 04, Cipinang Melayu, Makasar, Jaktim, Rabu (1/1/2020).

Anis juga menekankan jajarannya menanggulangi seluruh kebutuhan warga terdampak. “Faktanya ada banjir di Jabodetabek. Termasuk di berbagai wilayah di Jakarta. Kami ambil sikap bertanggung-jawab,” kata Anies dalam akun Instagramnya.

Dia berharap masalah banjir bisa tertangani segera. Sehingga warga bisa menjalani aktivitas secara normal kembali. “Laporkan kebutuhan terutama untuk evakuasi bisa lewat nomor 112 (harap bersabar saat ini antrean telepon panjang) atau langsung ke kelurahan setempat jika lebih dekat atau mudah,” imbuhnya.

Sementara itu, hujan yang mengguyur juga membuat aktivitas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, terganggu. Ini lantaran landasan pacu atau runway bandara tergenang air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, demi keamanan dan keselamatan, aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdana Kusuma ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Sejumlah penerbangan dengan keberangkatan dari dan dengan tujuan Bandara Halim Perdana Kusuma dialihkan. “Semua penerbangan dari Halim dialihkan ke Soetta (CGK),” ungkap Polana dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1/2020). (tho)

Share :