FOKUS :

Darurat Stok Darah, PMI Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Banten memasuki...

BACK_BANNER_DOG

Kapolri Apresiasi Kepatuhan Masyarakat Tak Ciptakan Kerumunan di Malam Tahun Baru

Kapolri baru ok

Sugawa.id– Kapolri Jenderal Idham Azis bersyukur pergantian malam tahun baru 2021 di seluruh daerah berjalan aman dan lancar. Kebijakan pemerintah termasuk TNI-Polri yang membatasi aktivitas masyarakat saat malam Tahun Baru berdampak pada kepatuhan masyarakat untuk tidak memaksakan berkerumun berjalan dengan baik.

“Kami bersyukur perayaan malam Tahun Baru di tengah pandemi ini berjalan lancar. Upaya semua pihak untuk menghindari terjadinya kumpulan massa dalam jumlah besar dapat dikendalikan dengan baik,” ujar Idham, Jumat (1/1/2021).

Idham juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang secara bijaksana melaksanakan imbauan dari pemerintah agar merayakan tahun baru di rumah saja. Pasalnya, jenderal bintang empat itu tidak ingin kasus pendemi ini jumlahnya terus bertambah. “Dengan di rumah saja minimal dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Menurut mantan Kabareskrim ini, meskipun situasi aman dan kondusif namun personil Polri dan TNI tidak menurunkan kewaspadaan dalam menjaga kamtibmas. “Tetap waspada dan bertugas seperti biasa untuk menjaga keamanan,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolri menerbitkan Maklumat bernomor Mak/ 4 /XII/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, yang ditandatangani per tanggal 23 Desember 2020.

Maklumat itu bertujuan untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru Tahun 2021. Beberapa point dalam maklumat tersebut adalah larangan perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah. Kemudian larangan pesta/perayaan malam pergantian tahun. Lalu larangan arak-arakan, pawai dan karnaval dan terakhir larangan pesta kembang api.(elo)

Share :