FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat Dicopot

WhatsApp Image 2020-08-16 at 17.41.13

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Sugawa.id)

Sugawa.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya oleh Kapolri karena dianggap tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan. Pencopotan kedua kapolda tertuang dalam surat telegaram nomor ST/3222/XI/KEP/2020/ tanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Polri.

”Kedua kapolda tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan. Maka diberikan sanksi berupa pencopotan, ” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Senin (16/11/2020).

Dikatakan, pasca pencopotan Nana Sujana akan menempati jabatan baru sebagai Korps Ahli Kapolri dan posisi Kapolda Metro Jaya diisi oleh Irjen Mohammad Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Sedangkan Irjen Rudy Sufahriadi diberi posisi baru sebagai Widyaswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Kemudian jabatan Kapolda Jawa Barat diisi oleh Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri.

Lebih lanjut Argo menegaskan pencopotan tersebut berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Syihab dan sebagai tindak lanjut penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada anggota Binmas yang menghimbau protokol kesehatan, kepada RT, RW, Satpam, Linmas, Lurah, Camat dan Wali Kota Jakarta Pusat, KAU, Satgas COVID-19, Biro Hukum DKI serta Gubernur DKI, Biro Hukum Kemneg RI dan beberapa tamu yang hadir dalam acara tersebut. ”Dan ini ada rencana rencana klarifikasi dengan dugaan tindak pidana pasal 95 Undang-Undang RI No 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan,” ujar Argo.(elo)

Share :