FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Kapolda : Jangan Lakukan Panic Buying, Stok Pangan Aman

Kapolda Pangan ok

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (Ucok/Sugawa.id)

 

Sugawa.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menjamin stok pangan atau bahan pokok untuk warga Jakarta dan sekitarnya aman hingga 3 bulan ke depan. Ini artinya, dalam menghadapi Lebaran, stok pangan dan bahan pokok untuk warga Jakarta akan terpenuhi.

“Jadi saya imbau warga tidak perlu panic buying dalam menghadapi wabah Covid 19 ini, terkait kebutuhan bahan pokok atau pangan. Ketersediaannya aman untuk ke depannya,” kata Nana, Jumat (27/3/2020).

Menurut Nana, panic buying di tengah wabah corona ini tidak perlu terjadi karena hal itu akan merugikan masyarakat sendiri. Dia memastikan bahwa pihaknya bersama TNI dan pemerintah daerah telah siap menghadapi kemungkinan terburuk terkait kamtibmas, sebagai dampak wabah corona jika terjadi berlarut-larut. “Kita terus ikuti perkembangan situasi akibat wabah corona ini. Kita punya fungsi intelegen, TNI juga punya, serta dari rekan aparat pemda,” kata Nana.

Menurut Nana, Polda Metro bersama TNI dan aparat Pemda sudah melakukan latihan untuk menghadapi situasi terburuk yang mungkin terjadi. “Kita sudah melakukan latihan-latihan dan simulasi dengan cara kita menutup atau yang disebut sispamkota (Sistem Pengamanan Kota-Red) ini terus kita lakukan dengan pelatihan dan simulasi,” kata Nana.
Namun Nana berharap hal terburuk itu tidak terjadi terutama di Jakarta. “Kita berharap kemudian, tidak sampai terjadi panic buying, penjarahan dan yang lainnya di masyarakat. Kami mengimbau itu ke semua masyarakat. Bersama TNI kami sudah siapkan keamanan untuk melindungi masyarakat,” kata Nana.

Selain itu kata Nana, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang dianggap rawan terjadi dampak terburuk akibat wabah corona seperti panic buying dan penjarahan.

“Kami sudah lakukan upaya pemetaan termasuk apa yang kita lakukan dalam menghadapi permasalahan tersebut, bila menghadapi itu. Ada rencana kontinjensi dari Polda, TNI dan Pemda untuk menangani permasalahan tersebut,” kata Nana.

Ke depan, kata Nana pihaknya akan terus berupaya menjaga kamtibmas agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman di tengah mewabahnya virus corona. Nana juga mengimbau warga Jakarta untuk tidak mudik atau menunda mudik, dalam menyambut Lebaran kali ini. Imbauan tak mudik ini untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19. (cok)

Share :