FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Jokowi Serahkan Sapi Ongole ke Panitia Kurban Masjid Istiqlal

kurban

Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden menyerahkan sapi ke panitia kurban Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/7/2020).  Foto: BPMI Setpres/Kris

 

 

Sugawa.id — Presiden Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden.

“Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak,” kata Menteri Agama.

Menteri Agama memiliki pesan khusus terkait Idul Adha tahun ini yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Fachrul Razi minta agar daging hewan kurban dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

“Kita selalu berpesan kepada seluruh umat Indonesia yang berkurban bahwa dagingnya, karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau kepada mereka yang terdampak Covid-19,” kata Fachrul Razi.

“Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi Covid-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole. Sapi ini berasal dari Tulang Bawang, Lampung, dan memiliki bobot 1.088 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak tempat.

Turut hadir dalam acara penyerahan hewan kurban tersebut antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mencanangkan Gerakan Berkurban Nasional.

Gerakan Berkurban dinilai menjadi sinergi yang baik antara pemerintah, organisasi keagamaan, lembaga keuangan dan aplikasi online untuk tetap menjalankan ibadah Idul kurban dengan baik di tengah pandemi Covid-19.

Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Purbalingga (Jateng) dipilih menjadi lokasi pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional yang dilaksanakan Rabu (29/7/2020).

Dalam sambutannya, Menteri Agama, Fachrul Razi, mengapresiasi kegiatan ini. Menurut dia, bangsa Indonesia adalah masyarakat yang agamis, dimana kurban telah membumi sejak Islam hadir di Nusantara.

“Selain sebagai ibadah yang sangat dianjurkan, kurban memiliki dampak dan manfaat besar dari sisi peningkatan konsumsi daging halal dan penguatan ekonomi umat,” ujar Fachrul Razi seperti dikutip dari Info Publik.

Berkurban kata dia, juga sebagai bagian upaya untuk meningkatkan konsumsi daging masyarakat Indonesia. Saat ini tingkat konsumsi daging di Indonesia masih lebih rendah dibanding tingkat konsumsi per kapita dari empat negara ASEAN, seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Konsumsi daging per kapita masyarakat Indonesia rata-rata 2,6 kilogram per kapita, sementara negara lain sudah mencapai 4,5 kilogram per kapita.

Ketua DMI yang juga mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengingatkan bahwa pelaksanaan ibadah pemotongan hewan kurban harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Jawa Timur sebagai tempat pendistribusian hewan kurban dari Gerakan Berkurban Nasional yang diinisiasi oleh Menteri Agama dan DMI.

Acara pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional yang dilaksanakan secara online tersebut, dihadiri juga oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sebagai tuan rumah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, serta perwakilan dari PT Bukalapak dan Bank Syariah Mandiri. (gas)

Share :