FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Jokowi Jamin Kesetaraan HAM Kaum Disabilitas

JAKARTA – Staf Khusus yang juga juru bicara (Jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang sosial Angkie Yudistia memastikan Jokowi menjamin pemenuhan hak asasi manusia (HAM) para penyandang disabilitas.

“Dari sisi undang-undang dan produk aturan turunannya, sangat jelas bahwa paradigma pemenuhan HAM bagi warga negara penyandang disabilitas yang dilakukan negara bukan hanya retorika,” kata Angkie, Senin (2/12).

Dikatakan para penyandang disabilitas sudah diberi hak dan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi secara penuh berperan dalam pembangunan dan juga dapat menikmati hasil pembangunan. Hal ini dapat dilihat dengan terjadinya perubahan paradigma yang dilakukan Negara dalam mendukung para penyandang disabilitas. “Kalau sebelumnya paradigmanya hanya charity based, sekarang lebih ke human rights based,” katanya/

Angkie memberi contoh dalam kasus samanya bonus atlet penyandang disabilitas di Asian Para Games dengan atlet non-penyandang  disabilitas di Asian Games. Pemberian bonus yang sama besar ini baru kali pertama terjadi dalam sejarah Indonesia karena sebelumnya atlet penyandang disabilitas mendapatkan bonus yang jauh lebih sedikit dibandingkan atlet event olahraga resmi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk diketahui, Hari Disabilitas Internasional dirayakan setiap tanggal 3 Desember. Dan pada tahun ini, Kementerian Sosial akan mengambil tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”. Menurut rencana, acara ini akan dihadiri oleh Presiden Jokowi (wib)

Share :