FOKUS :

Punya Hubungan Baik Semua Kalangan, Buya Syafii Maarif Ucapkan Selamat Kepada Listyo Sigit

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif. (foto: islami.co) Sugawa.id – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah...

BACK_BANNER_DOG

Habib Rizieq Resmi Ditahan Selama 20 Hari

HRS Diperiksa Polisi ok

Habib Rizieq kala diperiksa di Mapolda Metro Jaya (istimewa)

Sugawa.id – Habib Muhhamad Rizieq Shihab (MRS) resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam Acara Maulid Nabi dan pernikahan putert, Sabtu (12/12/2020) malam. Pihak pengacara HRS menyatakan akan melakukan banding terhadap keputusan tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan persnya, Minggu (13/12/2020) dinihari menyatakan Polda Metro Jaya resmi ditahan setelah yang bersangkutan menyerahkan diri pada Sabtu (12/12/2020) jam 11.00WIB. Argo menyatakan semua hak tersangka telah dipenuhi oleh aparat kepolisian.

“Hari ini MRS diperiksa sebanyak 84 pertanyaan dan pemeriksaan selesai pada pukul 22.00 WIB. Dalam pembacaan berita acara pemeriksaan (BAP), ada beberapa hal yang kemudian direvisi oleh yang bersangkutan. Setelah itu, yang bersangkutan resmi ditahan,” ujar Argo.

Dikatakan, MRS ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya sejak Sabtu (12/12/2020) hingga Kamis (31/12/2020). “Yang bersangkutan akan kami tahan selama 20 hari. Adapun alasan penahan ada dua yakni unsur objektif dan subjektif. Unsur objektif yakni ancaman hukumannya di atas 5 tahun. Sedangkan alasan subjektif adalah yang bersangkutan dikhawatirkan melarikan diri, menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatannya dan untuk mempermudah proses penyidikan,” ujar mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Mengenai 5 tersangka lain yang telah ditetapkan, lanjut Argo, ada dua kemungkinan, yang pertama mereka menyerahkan diri atau ditangkap oleh Polda Metro Jaya.

Pengacara Habib Rizieq Alamsyah menyatakan akan melakukan praperadilan terkait dengan penahan tersebut. “Nanti kami akan melakukan praperadilan. Kami masih koordinasi dulu,” katanya.

Alamsyah juga menyebutkan bahwa pihaknya juga meminta aparat agar pemeriksaaan terhadap Rizieq tidak terlampau larut. Apalagi pemeriksaannya hingga kini belum amsuk kepada pokok-pokok perkara yang disangkakan. “Masih belum masuk materi,” kata Alamsyah.

Sebelumnya Habib Rizieq keluar dari gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum dengan menggunakan rompi oranye dengan tangan terikat. Yang bersangkutan langsung dibawa dengan mobil tahanan menuju Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. (wib)

Share :