FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Guru Penggerak Jadi Garda Terdepan dalam Transformasi Pendidikan Indonesia

Nabil Ok

Mendikbud Nadiem Makarim (sugawa.id)

Sugawa.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengapresiasi program guru pengerak. Pasalnya, mereka menjadi garda terdepan menuju transformasi pendidikan Indonesia.

“Selamat buat kalian guru penggerak. Kalian sudah mau berjuang mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada murid dan pembelajaran yang merdeka,” ujar Nadiem Makarim saat membuka program pendidikan guru penggerak secara daring.

Ia menuturkan, program guru penggerak tidak mudah. Tentu dibutuhkan semangat dan motivasi tinggi. “Sampai pada titik ini saja kalian sudah teruji dan memiliki motivasi tinggi,” bebernya.

Lebih jauh Nadiem mengatakan, pendidikan guru penggerak ditempuh selama sembilan bulan. Mereka akan didampingi fasilitator dan pendamping yang profesional. “Pembelajaran yang kita jalani merupakan pembelajaran yang bermakna, pembelajaran yang penuh refleksi,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pendidikan guru penggerak dilakukan secara terbuka. Para fasilitator dan pendamping berfungsi sebagai teman. Sehingga mampu mencapai hasil yang maksimal. “Sampaikan semua tantangan, keberhasilan sekecil apa pun, kebingungan yang dihadapi. Berbagilah setiap kebahagiaan atas perubahan-perubahan,” ujarnya.(san)

Share :