FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Gatot Nurmantyo Ingatkan Hakim Perkara Syahganda Jangan Memvonis Berdasarkan Pesanan

Gatot Nurmantyo

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo mengikuti sidang pembelaan (pledoi) terdakwa Syahganda Nainggolan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Kamis (8/4/2021).

Dalam kedatangannya ke PN Depok, Gatot ditemani satu presidium KAMI lainnya, yakni Rohmat Wahab dan sejumlah jaringan aktivis pro demokrasi (ProDem). 

Mantan Panglima TNI ini menekankan tugas yang termaktub di Pasal 2 Ayat (1) UU 48/2009. “Kehakiman jelas diterangkan bahwa peradilan dilakukan demi keadilan yang berdasarkan pada Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Gatot usai mengikuti persidangan di PN Depok, Kamis (7/4/2021).

Aturan tersebut, kata Gatot, bahwa mengandung makna peradilan tidak boleh dipengaruhi atau berdasarkan pesanan. Sebab, pengadilan dan hakim merupakan wujud Tuhan di dunia. 

“Maka pertanggungjawaban keputusan ini bukan hanya kepada masyarakat atau publik, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa di akhir zaman nanti,” imbuhnya. 

Oleh sebab itu, Gatot berharap majelis hakim yang menangani perkara Syahganda dapat bersikap adil dan obyektif melihat fakta-fakta yang ada di dalam persidangan. 

“Apabila keputusan murni berdasarkan fakta hukum yang ada, dan keputusan itu tidak dipengaruhi oleh siapapun, saya yakin itu adalah yang paling benar,” imbuhnya. 

“Namun, bila keputusan itu berdasarkan pesanan atau pengaruh, ataupun ancaman dari manusia, seperti yang saya katakan tadi bahwa yang mulia hakim menganggap manusia itu sebagai Tuhannya, tidak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (ter) 

Share :