FOKUS :

Darurat Stok Darah, PMI Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Banten memasuki...

BACK_BANNER_DOG

Densus 88 Tangkap Panglima Tentara Jamaah Islamiyah

Argo didampingi Awi ok

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Humas Polri)

Sugawa.id – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil meringkus Zulkarnaen yang merupakan panglima Askari alias tentara Jamaah Islamiyah (JI). Pria yang memiliki beberapa nama antara lain Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman itu teridentifikasi juga terlibat dalam Bom Bali I pada 2002.

“Penangkapan dilakukan di Lampung Timur tanpa perlawanan. Zulkarnain adalah panglima Askari (tentara) Jamaah Islamiyah ketika Bom Bali 1,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Sabtu (12/12/2020).

Selain itu, sambung Argo, Zulkarnain juga merupakan orang yang membentuk unit khos yang dalam struktur Jamaah Islamiyah merupakan satu unit tentara khusus yang terlibat dalam konflik agama di Poso, Sulawesi Tengah di tahun 2000 silam dan konflik bernuansa SARA di Ambon tahun 2011 yang lalu.

Tidak hanya itu, Argo mengungkap, pria yang merupakan lulusan Fakultas Biologi ini juga menyembunyikan Upik Lawanga, ahli perakit bom yang disebut oleh kalangan mereka sebagai profseor karena kepintaranya merakit bom berdaya ledak tinggi.(elo)

Share :