FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Boy Rafli Resmi Pimpin BNPT

Irjen Boy Rafli (Dok Foto Tribunnews)

Sugawa.id– Irjen Boy Rafli Amar dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Rabu (6/5/2020). Mantan Kadiv Humas Polri itu menggantikan Komjen Suhardi Alius berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 86/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Utama BNPT.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang ditandatangani Boy Rafli dan Presiden Jokowi. Pelantikan ini dilakukan dengan menerapkan physical distancing. Presiden Jokowi dan para tamu lainnya juga menggenakan masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menugaskan Irjen Boy Rafli Amar menjadi Kepala BNPT, menggantikan Komjen Suhardi Alius berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/1377- 1378/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020.
Sebelum menjabat sebagai pimpinan Lembaga anti terorisme itu, Boy Rafli Amar pernah menduduki sejumlah posisi strategis di lingkungan Polri yakni Wakil Kepala Lemdiklat (2018-2020), Kapolda Papua (2017-2018), Kepala Divisi Humas Polri (2016-2017) dan Kapolda Banten (2014-2016),

Penunjukan lulusan Akpol 1988 ini dinilai tepat, karena sebagai anggota Polri Boy memiliki segudang pengalaman terkait penanggulangan terorisme karena sejak tahun 2002 Boy pernah ditugaskan studi banding anti teror ke Australia, tugas investigasi terorisme Densus 88 di Filipina, dan menjadi tim delegasi RI di Asean-Europe Counter Terrorism Meeting Spanyo.

Di samping itu, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Unit Negosiasi Subdetasemen Penindak Detasemen Khusus 88/Antiteror Polri, yang tak lepas dari sisi kejurubicaraan serta menjadi anggota Kontingen Garuda di Bosnia dan Kamboja, (cok)

Share :