FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Besok, Bandara Halim Beroperasi Normal

Penampakan citra satelit Himawari. (foto: infobmkg.id)

 

Sugawa.id-Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, termasuk titik yang terdampak banjir. Ya, Rabu (1/1/2020) sempat terganggu karena landasan pacunya tergenang. Menteri Perhubungan Budi Karya langusng bergerak melakukan peninjauan. “Hasil inspeksi dan assessment di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Sore ini Bandara Halim sudah dibuka dan besok (Kamis, Red) sudah beroperasi normal,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu (1/1/2020).

Sementara itu, jumlah korban meninggal akibat bencana banjir di wilayah Jabodetabek mencapai 26 orang. Demikian disampaikan Kementerian Sosial. Korban meninggal paling banyak di Kabupaten Bogor, yaitu sebanyak 11 orang. Selain itu, Kabupaten Bekasi (3), Kota Depok (3), dan DKI Jakarta 9 orang (proses konfirm). “Bantuan kebutuhan dasar secara bertahap kami kirimkan ke wilayah terdampak,” ujar Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam siaran persnya, Rabu (1/1/2020).

Sekadar diketahui, sejumlah titik di Jabodetabek banjir.  Ketinggian air bervariasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, konsentrasi pihaknya dalam penanganan banjir adalah menyelamatkan warga yang terkena dampak. Hingga pukul 16.00 WIB, sudah ada sekitar 19 ribu warga yang mengungsi di beberapa titik.
“Titik pengungsian paling banyak ada di Jakarta Timur, 9.248 orang,” ujar Anies di Monas, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Dijelaskan, ada sekitar 120 ribu petugas yang dikerahkan di semua kawasan yang terkena banjir. “Sekarang posisi siaga semua,” tegasnya.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengidentifikasi tiga hal yang menjadi kebutuhan mendesak. ’’Perahu karet, terpal selimut, serta pakaian dewasa dan anak-anak. Kemudian paramedis, obat-obatan, dan trauma healing. Selanjutnya, makanan, minuman, air bersih, dan MCK,’’  demikian dikutip sugawa.id pada akun Twitter resmi @bnpb_indonesia.

Dikutip sugawa.id dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu (1/1/2020) malam, seluruh wilayah di Ibu Kota diprediksikan diguyur hujan ringan. Bahkan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, diguyur hujan sedang.

Demikian juga di Serang, Kota Tangerang, Tigaraksa, dan Ujun Kulon, Banten. Malam ini akan diguyur hujan lokal. Sedangkan Depok dan Kota Bogor, malam ini diprakirakan berawan.  (tho)

Share :