FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Awas, Berkerumun Saat Wabah Corona Bisa Dipidana

Kadiv Humas Polri ok

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen  M Iqbal kala memberikan keterangan pers. (Ucok/sugawa.id)

Sugawa.id – Dalam rangka pencegahan penularan atau mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Mabes Polri akan menindak membubarkan kumpulan orang banyak (kumpulan massa). Bila massa menolak dibubarkan, maka Polri akan mengambil tindakan pidana.

Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Senin (23/3/2020) menjelaskan aparat penegak hukum berhak untuk membubarkan massa untuk mencegah penularan Covid-19 sesuai maklumat Kapolri. Ada ancaman pidana bila masyarakat tak mematuhi himbauan untuk tidak berkumpul.

“Apabila ada masyarakat yang membandel dan tidak mengindahkan perintah personil yang bertugas untuk kepentingan negara, maka mereka bisa dijerat dengan pasal 212 KUHP, 216 KUHP dan 218 KUHP,” kata Iqbal.

Jenderal bintang dua ini mengatakan sebelum Polri menerapkan pasal pidana, Polri akan mengedepankan upaya dialog. Polri memberikan himbauan agar masyarakat membubarkan diri dan tetap di rumah mengikuti himbauan dpemerintah dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19.

“Yang harus ditekankan hari ini adalah polri tidak ingin akibat berkerumunan, apalagi hanya kongkow-kongkow, dan menyebabkan virus ini bertambah. Kami akan melakukan pembubaran bila perlu dengan sangat tegas. Tapi bahasa persuasif humanis tetap kami kedepankan dahulu. Dengan konsekuensi apapun kami tetap maksimal. Tugas kami selaku pelindung, dan pengayom masyarakat guna terpeliharanya kamtibmas,” jelasnya. (cok)

Share :