FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Antisipasi Corona, Pemprov Banten Siaga

virus corona

Ilustrasi Corona – Dok Foto : Merdeka

Sugawa.id – Pemprov Banten mulai mewaspadai bahaya penyebaran virus Corona di wilayahnya, menyusul adanya dua orang warga Depok yang tertular virus mematikan tersebut.

Gubernur Banten Wahidin Halim, Senin (2/3/2020) menyatakan Banten saat ini mewaspadai dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus tersebut. Caranya dengan melakukan deteksi dini, pencegahan serta respon cepat guna mengantisipasi virus tersebut di Provinsi Banten.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mengeluarkan surat edaran yang ditandatangi oleh Kadinkes Pemprov Banten Ati Pramudji Hastuti sebagai bagian tindak lanjut surat edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan No. HK 02.02/II/329//2020 tentang Kewaspadaan Penyakit Novel Coronavirus (2019-nCoV) sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD)/ Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Kewaspadaan dengan deteksi dini, pencegahan dan respon sebagai upaya antisipasi terhadap kasus 2091-nCoV di Provinsi Banten. Sosialisasi tentang penyakit Novel Coronavirus kepada pegawai dan tamu mulai dari gejala dan tanda, hingga upaya pencegahan mengurangi risiko penularan. 

Surat edaran tersebut ditujukan kepada lembaga, pemerintah dan swasta di Provinsi Banten sambal mencantumkan nomor-nomor kontak yang bisa dihubungi pada dinas kesehatan kabupaten/kota itu dan Dinkes Pemprov Banten.
Sebagai informasi, Dinkes Pemprov Banten pada 23 Januati 2020 juga memberikan surat edaran kepada dinas kesehatan kabupaten/kota dan puskesmas untuk kewaspadaan penyebaran virus corona.

Sementara Wali Kota Depok Mohamad Idris menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Barat terkait virus corona yang menimpa dua warganya. “Setelah dapat kabar korban virus corona, Pemkot Depok segera melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait,” kata Idris, Senin (2/3/2020).

Menurutnya, sejak maraknya pemberitaan terkait virus corona pihaknya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah mengeluarkan surat edaran Nomor 445/0404/SURVIM sebagai kewaspadaan terhadap virus corona. “Kami dari Pemkot sudah melakukan upaya pencegahan di antaranya dengan surat edaran kewaspadaan terhadap virus corona,” ujarnya.

Bahkan, masih kata Idris, pihaknya telah mengintruksikan Direktur Rumah Sakit se-Kota Depok dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas se-Kota Depok melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gejala dan antisipasi terhadap virus corona. Oleh karenanya, masyarakat harus melakukan kegiatan positif demi menjaga daya tahan tubuh sehingga tak diserang penyakit khususnya corona. (wib/ter)

Share :