FOKUS :

Selama Pandemi Covid-19, Gugatan Cerai di Depok Lebih Banyak

Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Pandemi Covid-19 tampaknya bukan hanya mempengaruhi perekonomian. Namun,...

BACK_BANNER_DOG

Ada Dua Provinsi dan 29 Kabupaten/Kota Larang Plastik Sekali Pakai

HPSN

Acara peringatan HPSN 2021. (Foto: Nasuha/Sugawa.id)

 

Sugawa.id – Peraturan daerah (perda) terkait sampah bersifat progresif. Berupa target pengurangan dan penanganan sampah yang terhitung ambisius.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Senin (22/2/2021).

Target berani tersebut, lanjut Siti, di antaranya target secara nasional 30 persen pengurangan sampah dan 70 persen penanganan sampah. Dan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

”Saat ini ada dua provinsi dan 29 kabupaten atau kota yang telah mengeluarkan kebijakan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai,” bebernya.

Siti mengapresiasi atas langkah progresif dari kepala daerah tersebut. Dengan memberikan penghargaan yang tinggi. Ia menambahkan, dari aspek pengurangan sampah, sejumlah kepala daerah serius meningkatkan kapasitas pengelolaan sampah.

”Wujud nyata itu berupa naiknya anggaran pengelolaan sampah di daerah hingga tumbuhnya lembaga pengelolaan sampah,” katanya.

Bantuan pemerintah pusat, menurut Siti, dengan menurunkan tiga skema subsidi, yaitu dana alokasi khusus (DAK), dana insentif daerah (DID) dan bantuan biaya layanan pengolahan sampah (BLPS).

”Kami juga bantu sediakan tempat pengolahan sampah (TPS) berbasis 3R,” bebernya. (nas)

Share :