FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

800 Masyarakat Pedalaman Timika Diungsikan ke Polsek  Tembaga Pura

 

Sugawa.id- Personil Piket dan Siaga Polsek Tembagapura membantu evakuasi seluruh masyarakat pedalaman di Timika ke kantor Polsek Tembagapura karena masyarakat takut dan tidak nyaman dengan  kekejaman kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Evakuasi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tembagapura AKP Hermanto dilakukan Personil TNI-Polri Satgas Nemangkawi.

Kapolsek menerangkan bahwa hampir 800 orang yang mengungsi, terdiri dari 100 orang anak-anak,  370 orang wanita  dan 330 laki-laki. Mereka semula tinggal di Kampung Longsoran, Kampung Batu Besar, dan Kampung Kimbeli serta kemungkinan  ada pengungsi lagi dari Kampung Banti.

Hermanto menjelaskan bahwa setelah memverifikasi setiap warga dengan mendatakan tanda Pengenal, kemudian pihak CLO PT Freeport Indonesia menyiapkan sebanyak 13 kendaraan bus yang  digunakan untuk masyarakat yang akan Ke Timika. Selanjutnya di Timika juga sudah disiapkan kendaraan yang akan mengantar masyarakat hingga ke kediaman mereka di Kota Timika seperti ke SP5, SP 12, Kwamki, dan daerah lain. “Untuk masyarakat yang masih menunggu kendaraan bis, kami siapkan makanan dan minuman,“ ujar Kapolsek.

Sejumlah masyarakat yang mengungsi mengucapkan terima kasih atas kesigapan pihak TNI/Polri dalam membantu mengamankan evakuasi masyarakat tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih banyak untuk Bapak Polisi yang sudah menjaga dan memberi kami makan, bahkan mengantar  kami sampai ke Kota Timika,” ujar  Tokoh Pemuda  Wabanti Agus Beanal. (cok)

Share :