OTT Bupati Kepulauan Meranti, Prestasi Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK Tak Terbantahkan

- Jumat, 7 April 2023 | 14:50 WIB
Bupati  Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. (Twitter)
Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. (Twitter)

Sugawa.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil, pada Kamis (6/4/2023) malam. Dalam OIT tersebut, tim penyidik KPK mengamankan sejumlah pejabat yang tertangkap tangan melakukan perbuatan korupsi.

Prestasi KPK dalam melakukan OTT terhadap Bupati Kepulauan Meranti ini ternyata tidak terlepas dari kinerja Brigjen Pol Endar Priantoro selaku Direktur Penyelidikan, yang saat ini sudah dicopot jabatannya oleh pimpinan KPK.

Sebab, untuk melakukan OTT, butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Berhasilnya OTT terhadap Bupati Kepulauan Meranti, adalah bagian dari prestasi Brigjen Pol Endar Priantoro.

Baca Juga: Polri Ungkap Distribusi Sabu Cair yang Dikendalikan Seorang Napi, Lapas Tangerang Segera Lakukan Ini

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap menyatakan apresiasi kepada penyelidik KPK yang masih semangat memberantas korupsi walau konflik internal KPK semakin kuat akibat pencopotan Brigjen Pol Endar Priantoro selaku Direktur Penyelidikan KPK.

Yudi yang pernah menjadi penyidik KPK ini menyatakan bahwa para penyelidik ini menuntaskan kasus yang sebelumnya dipimpin oleh Endar untuk membuktikan kepada pimpinan KPK bahwa Endar kompeten sebagai Direktur Penyelidikan.

"Kasus ini (Bupati Kepulauan Meranti) mulai ditangani pada saat Endar masih menjabat Direktur Penyelidikan KPK. Buktinya kasus yang ketika itu dipimpin Endar ini tuntas dengan OTT terhadap Bupati Meranti Muhammad Adil ini sekaligus tambahan bukti prestasi tidak terbantahkan Endar selaku Direktur Penyelidikan," ujar Yudi, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Hati-Hati, Admin Akun Menfess Twitter Bisa Terjerat UU ITE, Begini Ceritanya

Yudi yang berpengalaman dalam OTT ini menjelaskan bahwa peran Direktur Penyelidikan sangat sentral dalam mengarahkan dan memanajemen satgas penyelidikan di lapangan maupun di Kantor KPK.

"OTT bukanlah proses yang instan, namun membutuhkan waktu berminggu bahkan berbulan. Jadi kesuksesan OTT Bupati Meranti oleh penyelidik KPK ini tidak lepas dari peran Endar yang kini dicopot jabatannya oleh pimpinan KPK," ujar Yudi.

OTT ini menurut Yudi juga bisa jadi bukti tambahan bagi Dewas (Dewan Pengawas) KPK bahwa kinerja Endar tidak diragukan lagi sehingga tidak ada alasan logis mengembalikan Endar ke Kepolisian.

Untuk diketahui, Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil serta sejumlah pejabat terjaring OTT KPK pada Kamis (6/4/2023) malam.

Baca Juga: Terkuak, Ini Latar Belakang Kasus Pembelian Emas yang Membayangi Masa Lalu Ayah Menpora Dito Ariotedjo

"Benar, tadi malam, Kamis (6/4/2023) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaen Kepulauan Meranti Riau. Beberapa pihak sudah ditangkap di antaranya Bupati (Muhammad Ali)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Jumat (7/4/2023).

Ali mengungkapkan, saat ini tim KPK masih bekerja. "Terus kami kumpulkan bahan keterangan dari beberapa pihak," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Kevin Imanuel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X